1mei2007
Bukan karena ingin taat
Yeremia 42:1-6

Ketika diminta untuk terlibat pelayanan, ada orang tertentu yang menjawab, "Saya akan mendoakannya dulu." Meski jawaban itu terdengar rohani namun tidak jelas benar, apakah orang itu memang ingin mencari kehendak Allah dengan sungguh-sungguh, atau hanya kiasan untuk mengatakan minta waktu untuk mempertimbangkannya.

Sebenarnya sejak kejatuhan Zedekia, tidak...

2mei2007
Membongkar kepalsuan
Yeremia 42:7-22

Jawaban Yeremia kepada sisa umat Yehuda menegaskan kembali rencana Tuhan yang tidak berubah. Keselamatan umat Tuhan sepenuhnya bergantung pada ketaatan mutlak mereka pada kehendak-Nya. Ketidaktaatan pasti akan membuat mereka menuai kebinasaan!

Seperti rumusan berkat dan kutuk dalam Perjanjian Sinai yang merupakan akibat ketaatan atau ketidaktaatan umat pada Tuhan,...

3mei2007
Bebal plus!
Yeremia 43:1-13

Apriori adalah sikap yang sulit diubah. Orang yang sudah memiliki prasangka buruk terhadap Tuhan atau sesamanya biasanya tidak mudah untuk menghilangkannya, walaupun fakta menunjukkan bahwa prasangka itu tidak benar. Itulah yang terjadi pada para pemimpin umat Yehuda.

Seperti telah diduga semula, respons para pemimpin umat adalah penolakan mentah-mentah...

4mei2007
Penolakan terang-terangan
Yeremia 44:1-19

Pasal 44-45 menyajikan pelayanan Yeremia terakhir kepada umat Tuhan, yang telah didera hukuman dahsyat akibat dosa-dosa mereka. Di pasal 44, Yeremia sekali lagi memperingatkan mereka yang memilih untuk mengandalkan Mesir. Tindakan mereka menyakiti hati Tuhan karena mereka lebih memercayai keperkasaan Mesir dan para ilahnya, daripada kepada Tuhan mereka sendiri.

Apa...

5mei2007
Menggali lubang kubur sendiri
Yeremia 44:20-30

ikap terang-terangan melawan Tuhan adalah sama dengan sikap mencari mati. Itulah kesimpulan Yeremia terhadap sikap pembangkangan umat yang terlalu berani di ay. 15-19. Mereka telah menetapkan untuk menjadikan “ratu surga” sebagai sesembahan mereka, dan bukan Tuhan! Mereka pasti akan merasakan sendiri akibatnya!

Pertama, dengan menolak Tuhan demi “ratu surga”,...

6mei2007
Bagi hamba Tuhan
Yeremia 45:1-5

Pelayan Tuhan yang setia adalah mereka yang melayani tanpa bersungut-sungut dan tidak mengharapkan imbalan. Tuhan menghargai pelayan-Nya yang seperti itu. Perhatian dan berkat Tuhan akan tercurah tidak terduga.

Firman Tuhan ini datang pada waktu Yoyakim masih menjadi raja (1). Namun penempatan teks ini pada bagian terakhir catatan sejarah Yehuda yang telah...

7mei2007
Lingkaran berkat
Mazmur 134

Ada orang tertentu yang menganggap bahwa bagian terpenting dalam ibadah adalah khotbah. Maka ada kecenderungan orang datang terlambat dalam ibadah dan segera meninggalkan gedung gereja seusai khotbah. Mereka menganggap bagian-bagian lainnya tidak penting, termasuk undangan ibadah di awal dan ucapan berkat di akhir ibadah.

Mazmur 134 ini memperlihatkan ibadah...

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis