1apr2016
Murka Allah
Ulangan 1:34-40

Sebagai orang Kristen, kita perlu memahami bahwa Allah dapat murka. Murka Allah tidak boleh dipahami bahwa Allah sedang menunjukkan kemarahan-Nya yang lepas kontrol. Tetapi kita perlu memahami bahwa kemarahan Allah merupakan atribut Allah yang menunjukkan keadilanNya.

Dalam perikop ini, Musa sedang mengingatkan Umat Israel mengenai sejarah mereka 40 tahun yang lalu. Di masa lampau, Allah...

2apr2016
Pertobatan Sejati
Ulangan 1:41-46

Pertobatan sejati bukan hanya sekadar mengatakan bahwa saya ingin bertobat, tetapi juga memiliki kehidupan yang tunduk kepada Allah. apa pun yang menjadi firman Allah, seorang yang menaklukkan dirinya kepada Allah akan menaati segala perintahNya. Hal ini didasarkan pada pengenalan akan Allah sebagai Tuhan yang berotoritas dalam hidupnya. Inilah ciri dari orang yang bertobat sepenuh hati.

Sayangnya...

3apr2016
Sukacita Orang Benar
Mazmur 64

Sewaktu kita menghadapi masalah, biasanya kita akan kehilangan mood (baca: perasaan) sukacita. Kita akan cenderung menampilkan perasaan cemas, takut, kesal, atau pun sedih. Gejolak perasaan seperti ini dapat mengakibatkan hilangnya semangat hidup. Dengan kata lain, kita tidak bisa melakukan segala aktivitas secara optimal karena hilangnya mood sukacita.

Mazmur yang kita baca hari ini menunjukkan...

4apr2016
Tidak Kekurangan dan Disegani
Ulangan 2:1-25

Perjalanan bangsa Israel telah mendekati tanah Perjanjian. Tahun-tahun yang mereka lewati hampir mendekati 40 tahun. Mengingat kembali penyertaan Tuhan dalam masa damai dan serba berkecukupan. Bahkan keseganan bangsa-bangsa di sekitar mereka dapat memperbarui semangat untuk menaklukkan dan mendiami tanah perjanjian.

Setelah ketidaktaatan yang mereka lakukan, akhirnya Tuhan membawa mereka...

5apr2016
Keras Kepala, Ditaklukkan!
Ulangan 2:26-37

Tuhan memerintahkan agar mereka menaklukkan Sihon, raja Hesybon (24), tetapi justru ditawarkan perdamaian dan minta izin lewat serta belanja di sana (25-28). Sekilas hal ini terkesan melanggar perintah Tuhan. Daerah Sihon yang terletak di daerah Trans-Yordan memang tidak termasuk dalam tanah perjanjian.

Metode penawaran damai ini adalah untuk menunjukkan sikap raja Sihon yang sebenarnya....

6apr2016
Tidak Ada yang Terlalu Besar dan Kuat!
Ulangan 3:1-11

Terkadang kita tidak berani melangkah karena melihat tantangan di depan terlalu besar dan kuat. Teks ini mengajarkan kita melihat tantangan itu dari sudut pandang Allah.

Israel menghadapi perang yang berbeda dengan peperangan antara kerajaan-kerajaan. Dalam rangkaian penaklukan tanah Kanaan, Tuhan yang mengarahkan kapan mereka harus berangkat dan maju. Kali ini mereka bergerak menuju Basan....

7apr2016
Kalau Sudah Milik, Wajib Direbut!
Ulangan 3:12-22

Dalam kehidupan keseharian, sesuatu yang sudah menjadi milik tidak perlu diperjuangkan dan direbut lagi. Tetapi berbeda dengan kasus Israel.

Tuhan telah memberikan tanah milik kepada mereka, khususnya daerah sebelah Timur sungai Yordan. Daerah itu telah dibagi-bagikan menurut kaum keluarga dari setiap suku Israel. Di sini ada bagian suku Ruben, Gad (12, 16-17 ), dan setengah suku Manasye,...

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis