1sep2012
Belajar merendahkan diri
Filipi 2:1-11

Setiap kita merupakan bagian dari komunitas yang memiliki identitas tertentu, entah itu keluarga, gereja, atau masyarakat. Kekuatan komunitas orang percaya terletak pada kesatuan hati, pikiran, kasih, jiwa, dan tujuan di antara para anggotanya (2). Jika kesatuan itu tidak dimiliki, maka kesatuan orang percaya berada dalam bahaya.

Paulus melihat adanya ancaman internal yang berpotensi mengoyak...

2sep2012
Tidak untuk selamanya
Mazmur 74

Mazmur 74 adalah keluhan yang bersifat komunal. Keluhan umat adalah karena musuh yang telah menjajah dan menjarah negeri mereka (4-8). Penindasan itu begitu berat, sementara Tuhan sepertinya berdiam diri (9). Mereka merasa terbuang dari Tuhan (1), seperti burung merpati dalam cengkeraman binatang liar (19).

Bila konteks keluhan ini adalah pembuangan ke Babel, maka perasaan terbuang "untuk...

3sep2012
Etos kerja Kristen
Filipi 2:12-18

Salah satu alat ukur penting untuk menilai pekerjaan seseorang adalah etos kerjanya. Sebagai orang Kristen kita melakukan yang terbaik karena Kristus telah memberikan yang terbaik, yaitu anugerah keselamatan. Itulah etos kerja Kristen dan itulah makna "mengerjakan keselamatan" (12).

Etos kerja yang baik mengandung nilai-nilai sebagai berikut. Pertama, kerja bukan karena dilihat orang. Paulus...

4sep2012
Bersedia dimuridkan?
Filipi 2:19-24

Adalah menarik untuk melihat proses pemuridan yang dilakukan oleh Paulus kepada Timotius. Hasil proses pemuridan yang dilakukan oleh Paulus adalah tiga karakter emas yang dimiliki oleh Timotius.

Pertama, Timotius memiliki kesatuan pikiran dan kesatuan hati dengan gurunya, Paulus. Timotius adalah seorang murid yang bukan saja menyerap pengetahuan yang dimiliki Paulus, tetapi juga menyelami...

5sep2012
Pelayanan dan pengurbanan
Filipi 2:25-3:1b

Epafroditus adalah bagian dari jemaat di Filipi yang dikirimkan untuk melayani bersama Paulus. Ia sangat militan, penuh dedikasi, dan bersungguh-sungguh di dalam pelayanannya. Entah apa yang dilakukan oleh Epafroditus di dalam pelayanannya, tetapi ia sempat sakit dan nyaris mati, bukan karena kecelakaan, tetapi karena bekerja bagi Kristus. Ia rela mempertaruhkan nyawanya di dalam pelayanan yang...

6sep2012
Maju di dalam iman
Filipi 3:1b-16

Menjadi pengikut Kristus merupakan sebuah keputusan yang harus sungguh-sungguh dijalani. Demikian juga bagi rasul Paulus. Kejayaan dan kemuliaan di masa lalu tidak lagi bernilai karena pengenalan akan Kristus. Apa yang dahulu dianggap bernilai, sekarang ini menjadi sama seperti sampah (7-8).

Mengapa Paulus mengungkapkan hal ini? Dia sedang memperingatkan jemaat Filipi untuk berhati-hati...

7sep2012
Salib Kristus yang mulia
Filipi 3:17-4:1

Sebagai manusia yang lahir di dunia ini, kita semua memiliki kewarganegaraan tertentu. Kita yang lahir di Indonesia adalah warga negara Indonesia. Perikop kita hari ini mengingatkan bahwa kita yang sudah diselamatkan di dalam Kristus adalah warga Kerajaan Surga (20). Sebagai warga Kerajaan Surga, selayaknya kita hidup sesuai dengan nilai-nilai Kerajaan Surga dan tidak mengikuti nilai-nilai yang...

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis