1jan2014
Keselamatan hanya di dalam Yesus
Yohanes 3:1-21

Agama tidak dapat membawa manusia untuk mengenal Allah yang sejati. Nikodemus merupakan contoh untuk fakta itu.

Nikodemus adalah seorang Farisi dan pemimpin agama Yahudi (1). Yesus menyebut dia sebagai pengajar Israel (10). Suatu status yang tinggi jika ditinjau dari sudut pandang sosial dan agama pada waktu itu. Ini memperlihatkan bahwa Nikodemus adalah seorang terhormat dan bukan orang...

2jan2014
Yesuslah pusat pemberitaan
Yohanes 3:22-36

Merasa tersaingi dan mungkin merasa terancam juga, begitulah perasaan murid-murid Yohanes setelah mengetahui bahwa pelayanan Yesus menarik perhatian begitu banyak orang dibandingkan dengan pelayanan guru mereka, Yohanes (26). Lalu bagaimana Yohanes menanggapi pemberitahuan murid-murid-Nya?

Yohanes memiliki sikap yang berbeda dari murid-murid-Nya. Ia tidak iri terhadap popularitas Yesus....

3jan2014
Belajar menginjili dari Yesus
Yohanes 4:1-26

Penginjilan bisa menjadi isu sensitif di negeri ini mengingat keragaman masyarakatnya. Di sisi lain, sebagai pengikut Kristus kita mengemban apa yang disebut sebagai Amanat Agung, yaitu amanat Kristus bagi murid-murid-Nya untuk menjadikan semua bangsa menjadi murid-Nya (Mat. 28:19-20). Lalu bagaimana solusinya? Mari kita lihat cara Yesus.

Sebuah hal sederhana, yaitu permintaan air minum...

4jan2014
Pelayanan yang mendesak
Yohanes 4:27-42

Usai berbelanja makanan (8), para murid heran melihat Yesus berbicara dengan seorang perempuan Samaria (27). Memang bukan merupakan hal yang lazim bagi seorang rabi untuk berbicara dengan perempuan. Namun Yesus menginjili melampaui batas-batas ras, karena hal itu dapat menghalangi orang untuk berbicara tentang Injil.

Perkataan Yesus rupanya begitu menarik bagi si perempuan Samaria, dan ia...

5jan2014
Menghadapi fitnah!
Mazmur 120

Bagaimana sikap kita menghadapi musuh yang memfitnah hendak menghancurkan kita? Membalas kejahatan dengan kejahatan tentu bukan sikap kristiani. Menyerah begitu saja dan hancur, juga bukan sikap kristiani. Karena bukankah nama baik kita sebagai orang Kristen juga mewakili nama baik Allah?

Pemazmur tinggal di tempat asing yang penduduknya memusuhi dia (5). Suku Mesekh menetap Turki dan suku...

6jan2014
Beriman tanpa bukti nyata
Yohanes 4:43-54

Percaya kepada Tuhan bisa muncul karena berbagai alasan dan wujud rasa percaya itu pun bisa berbeda-beda juga. Orang-orang Galilea dalam bacaan hari ini percaya kepada Yesus karena telah melihat mukjizat Yesus di Yerusalem (bdk. Yoh. 2:23-25). Mungkin karena itulah Yesus bersaksi bahwa seorang nabi tidak dihormati di negerinya sendiri (44), dihormati hanya karena mukjizat. Mukjizat memang dapat...

7jan2014
Jangan pentingkan diri sendiri
Yohanes 5:1-18

Jika Anda menderita sakit berat menahun lalu sembuh di tangan seorang dokter, bagaimana perasaan Anda? Tentu rasa terima kasih yang begitu dalam akan terucap berulang-ulang, karena menyadari begitu besarnya arti kesembuhan itu. Namun tidak demikian dengan orang lumpuh di dekat kolam Betesda yang disembuhkan oleh Yesus.

Dia menderita sakit sudah begitu lama, tiga puluh delapan tahun (5)!...

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis