1mar2016
Allah Mengawasi Umat-Nya
Markus 12:1-12

Di abad ke-18, seorang filsuf Inggris yang bernama Jeremy Bentham membuat sistem penjara yang dapat mengontrol setiap gerak-gerik para narapidana melalui menara pengawas. Di satu sisi, setiap narapidana menyadari bahwa dirinya berada dalam pengawasan. Di sisi lain, tidak satu pun dari mereka tahu kapan pengawasan itu dilakukan. Menara pengawas ini disebut sebagai panoptikon.

Dalam perumpamaan...

2mar2016
Hikmat Allah Menang Atas Kejahatan
Markus 12:13-17

Di perikop sebelumnya Yesus dengan pedas menyindir para pemuka adat dan pemimpin agama dengan perumpamaan kebun anggur. Kritikan Yesus telah melukai hati dan harga diri mereka. Karena itu, mereka berupaya mencari cara menjebak Yesus. Strategi yang mereka gunakan sangat keji. Salah sedikit saja, kematian sudah menunggu di depan mata.

Kali ini mereka melontarkan isu mengenai pajak. Di sini...

3mar2016
Ajaran yang Menyesatkan
Markus 12:18-27

Kegagalan tidak membuat petinggi elit keagamaan Yahudi patah semangat. Setelah gagal menjebak Yesus pada ranah politik, kali ini mereka mengganti strategi baru, yaitu menjerat Yesus pada perdebatan teologis. Isu yang diusung kali ini berkaitan dengan kebangkitan orang mati. Jika Yesus salah menjawab, sudah dipastikan ajaran Yesus dianggap sesat. Hal ini cukup menyeret Yesus ke pengadilan agama yang...

4mar2016
Pencerahan Rohani
Markus 12:28-34

Percakapan Yesus dengan kaum Saduki tentang konsep kebangkitan tubuh menarik perhatian banyak orang. Perdebatan dilakukan di tengah keramaian. Para pemimpin agama dan pemuka adat juga hadir di sana. Upaya untuk menjebak Yesus mengalami kegagalan total. Hikmat yang keluar dari mulut Yesus tanpa disadari memberikan pencerahan rohani kepada orang banyak. Salah satunya adalah seorang ahli Taurat yang...

5mar2016
Teka-Teki Yesus
Markus 12:35-37

Perdebatan panjang antara Yesus dengan orang Farisi, Herodian, dan Saduki telah membuat banyak orang tercengang. Tidak sedikit pula yang takjub mendengar jawaban dan penjelasan Yesus. Ke mana saja Yesus mengajar, Ia selalu menjadi pusat perbantahan dan batu sandungan bagi para agamawan.

Sewaktu mengajar di Bait Allah, Yesus kembali mengkritisi pandangan para ahli Taurat tentang status Mesias...

6mar2016
Dari Tangisan Menjadi Pujian
Mazmur 61

Mazmur ini merupakan salah satu dari sekian banyak mazmur yang memperlihatkan kesedihan hati Daud. Setiap mazmur Daud terdapat pola yang hampir sama, yaitu diawali dengan perasaan sedih, takut, marah, maupun tertekan dan diakhiri dengan pujian kepada Allah.

Hal apa yang membuat Daud tertekan sehingga ia melukiskan kondisi hatinya seperti seorang yang putus asa, tidak berdaya, dan ingin menyerah...

7mar2016
Teladan Buruk
Markus 12:38-40

Dalam Matius 5:13-16, Yesus dengan tegas mengatakan bahwa setiap orang percaya adalah terang dan garam dunia. Apa jadinya jika kehidupan umat percaya tidak dapat menjadi saksi Kristus dan berkat bagi orang lain? Allah akan membuang orang tersebut. Inilah gambaran Yesus tentang para ahli Taurat.

Ahli-ahli Taurat termasuk salah satu kelompok agamawan yang dihormati orang banyak. Tugas mereka...

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis