1okt2013
Komitmen radikal
Rut 1:7-22

Kehilangan suami bagi seorang istri tentu lebih dari sekadar menyedihkan. Mungkin seperti kehilangan pegangan atau bahkan kehilangan separuh jiwa. Terlebih bagi perempuan yang tidak bekerja.

Ketika meninggalkan Betlehem untuk pergi ke Moab, Naomi masih bersama suami dan kedua anak laki-lakinya. Namun ia kembali ke kampung halamannya tidak lagi bersama-sama mereka (21). Itu terjadi karena...

2okt2013
Dalam pemeliharaan Tuhan
Rut 2:1-23

Tradisi mudik di negeri kita sering jadi ajang unjuk keberhasilan di perantauan. Namun kepulangan Naomi ke kampung halamannya sungguh tragis (Rut 1:20-21). Bila ia pergi merantau dengan suami dan kedua anak laki-lakinya, saat itu ia kembali hanya dengan salah seorang menantunya, yaitu Rut.

Sebagai janda, tak banyak kemungkinan yang terbuka bagi sang mertua dan menantunya untuk menghidupi...

3okt2013
Tidak gegabah
Rut 3:1-18

Setelah Rut berinisiatif memenuhi kebutuhan pangan dirinya dan mertuanya (Rut 2:2), Naomi kemudian berinisiatif mencarikan "tempat perlindungan" bagi Rut (1-5). Maksudnya adalah kehidupan yang lebih baik bagi Rut, yakni agar memiliki suami. Dan yang diusulkan Naomi untuk menjadi calon suami Rut adalah Boas.

Usul Naomi berakar dari tradisi Israel tentang penebus. Penebus bertanggung jawab...

4okt2013
Happy ending
Rut 4:1-22

"Happy ending" adalah sebuah istilah yang dipakai untuk menggambarkan sebuah film yang berakhir dengan indah, seperti harapan kebanyakan penonton. Apakah kisah Naomi dan Rut di Tanah Perjanjian memiliki happy ending?

Perkataan Naomi kepada Rut bahwa Boas akan membereskan masalah penebus (Rut 3:18) ternyata benar. Karena ada penebus atas keluarga Elimelekh yang lebih berhak daripada dirinya,...

5okt2013
Tuhan itu adil dan kasih
Yesaya 28:1-6

Perikop hari ini berbicara mengenai situasi yang terjadi di negeri Israel Utara yang disebut dengan Efraim. Sebelum bangsa ini dibuang ke Asyur, situasi kejahatan yang parah terjadi di negeri ini. Para pemimpin Israel, baik pemimpin politis maupun pemimpin agama, bertindak korup sehingga memperparah kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin.

Memang secara sepintas kehidupan ekonomi...

6okt2013
Syukur untuk kelepasan
Mazmur 118:1-18

Bayangkan Yerusalem dikepung musuh. Segala akses untuk keluar telah diblokir. Demikian juga akses pertolongan dari luar. Itulah kesesakan yang sedang dialami umat Israel (5, 13). "Aku" di sini pemazmur mewakili umat. Kepada siapa pengharapan akan pertolongan di arahkan? Hanya kepada Tuhan (5). Tuhan menjawab dengan melepaskan mereka dari kepungan musuh. Dengan kekuatan Tuhan umat memaksa musuh membubarkan...

7okt2013
Pemimpin dan sikapnya
Yesaya 28:7-22

Dalam budaya Jawa, guru merupakan sosok yang harus "digugu lan ditiru". Artinya, setiap ajarannya patut ditaati dan segala tingkah lakunya patut ditiru. Berlawanan dengan gambaran tersebut, guru-guru rohani bangsa Israel (yang dimaksud adalah Israel Utara yang biasanya disebut Efraim) pada zaman Yesaya berkarya, justru melakukan tindakan yang tidak terpuji.

Sebelum melayani dalam ibadah,...

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis