1jan2008
Kebahagiaan yang sejati
Mazmur 1

Apa harapan Anda memasuki tahun baru ini? Banyak orang mendambakan kebahagiaan berupa kelegaan dari penderitaan, lepas dari berbagai kesulitan hidup, dan hidup serba berkecukupan. Apa benar semua itu mendatangkan kebahagiaan yang sejati?

Kebahagiaan seseorang terkait erat pada relasinya dengan Tuhan. Karena Tuhan adalah sumber hidup maka hanya dengan memiliki...

2jan2008
Tuhan, sang Raja
Mazmur 2

Ingat penggalan lagu ini "Tuhan di pihak kita, siapakah lawan kita? Tidak ada!" Lagu sekolah minggu ini menggambarkan keyakinan iman anak-anak Tuhan bahwa sebagai milik Tuhan hidup kita dijamin oleh Dia.

Pemazmur merasakan keyakinan yang sama saat me-nyaksikan penahbisan raja Israel yang baru. Israel adalah negara kecil dan muda. Ia hadir di tengah-tengah...

3jan2008
Iman di tengah masalah
Mazmur 3

Mengalami kudeta tentu merupakan hal yang menyakitkan bagi seorang raja. Apalagi dikudeta oleh anaknya sendiri, seperti yang dialami oleh Daud (ayat 2Sam. 14-19). Posisi Daud menjadi semakin tersudut setelah Absalom berhasil merebut hati rakyat (ayat 2Sam. 15:6). Akibatnya Daud terpaksa melarikan diri dari istananya (ayat 1, band. 2Sam. 15:14). Mungkin mazmur ini ditulis...

4jan2008
Tidur nyenyak walau ...
Mazmur 4

Makin banyak orang yang hanya bisa tidur dengan pertolongan obat tidur. Kekhawatiran hidup yang berlebihan sering menjadi momok yang harus dihadapi dan dilalui setiap malam bagi orang-orang tertentu. Bagaimana kita bisa menutup hari yang berat dengan tidur nyenyak, seperti yang pada akhirnya dialami oleh pemazmur (ayat 9)?

Kenalilah apa yang menjadi penyebab...

5jan2008
Bangun pagi bersama Tuhan
Mazmur 5

Bagaimana seharusnya kita memulai hidup kita setiap hari bersama Tuhan? Bolehkah dengan mengeluh dan berteriak minta tolong kepada-Nya? Pantaskah anak-anak Tuhan berlaku seperti itu? Kalau Daud saja memulai harinya dengan keluhan dan tangisan, bukankah manusiawi kalau itu juga yang kita rasakan?

Justru tangisan dan teriakan kita kepada Tuhan merupakan doa yang...

6jan2008
Belas kasih dan kasih karunia
Mazmur 6

Inilah mazmur ratapan pengakuan dosa yang pertama muncul dari tujuh mazmur sejenis (ayat 6, 32, 38, 51, 102, 130, 143). Yang membedakan mazmur ini adalah tidak ada pengakuan dosa yang spesifik di dalamnya.

Belas kasih (ayat 3; kasihanilah) adalah pemberian ampunan saat seharusnya hukuman menimpa. Kasih setia (ayat 5) senada dengan kasih karunia, pemberian...

7jan2008
Menantikan keadilan Allah
Mazmur 7

Seperti apa rasanya dituduh melakukan sesuatu yang Anda tidak perbuat? Apalagi kalau tuduhan itu digemakan seakan-akan sudah terbukti. Bukankah fitnah seperti itu merusak dan membunuh karakter? Bagaimanakah kita beroleh pertolongan untuk memulihkan nama baik yang sudah terlanjur rusak?

Mazmur ini tidak menjelaskan tuduhan apa yang dilakukan Kusy, si orang...

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis