1sep2007
Bukan atas mukjizat
Kisah Para Rasul 20:1-16

Seorang misionaris berbeda dari seorang turis. Turis akan mengunjungi tempat yang menarik, menikmati tempat itu, mengabadikannya dalam foto, lalu pergi untuk mengunjungi tempat berikutnya. Paulus adalah seorang misionaris, yang bepergian bukan untuk bertamasya.

Sebagai misionaris, apa yang Paulus lakukan? Pertama, Paulus menjelajah ke berbagai tempat (2)....

2sep2007
Kesetiaan memberitakan Injil
Kisah Para Rasul 20:17-38

Di tengah zaman yang menawarkan berbagai bentuk persaingan, kompromi, dan kesenangan sesaat, orang Kristen perlu melakukan evaluasi terhadap orientasi hidup dan pelayanan. Kita bisa belajar dari Paulus.

Pertama, Paulus memiliki konsep pelayanan yang jelas. Ia tidak ragu sedikit pun akan panggilannya sebagai pengabar Injil, meski itu berarti penderitaan...

3sep2007
Tahu kehendak Tuhan
Kisah Para Rasul 21:1-14

Pendapat bahwa hidup aman dan nyaman merupakan kehendak Tuhan bagi orang percaya, masih sering ditekankan. Padahal pengajaran ini masih belum utuh, sebab Tuhan juga mengizinkan umat-Nya bertemu dan bergumul dengan-Nya dalam penderitaan!

Rasa khawatir bila Paulus akan mengalami penderitaan, membuat para murid menafsirkan bisikan Roh Kudus sebagai peringatan bagi...

4sep2007
Fleksibel
Kisah Para Rasul 21:15-26

Pada masa awal pertumbuhan gereja, agama Kristen dianggap sebagai gerakan pembaruan di dalam agama Yahudi. Ritual ibadah Kristen di kalangan orang Yahudi yang bertobat di Yerusalem, hampir tidak dapat dibedakan dari ritual agama Yahudi. Peranan Perjanjian Lama masih kental.

Melalui pemberitaan Paulus, Injil juga menjangkau bangsa-bangsa bukan Yahudi. Tentu...

5sep2007
Hamba Tuhan yang menderita
Kisah Para Rasul 21:27-40

Apa yang dialami Paulus serupa dengan yang dialami Tuhan Yesus: disiksa, ditangkap, dan diikat (32-33). Orang menghasut rakyat untuk membenci Paulus; ia dikenakan tuduhan-tuduhan yang tidak berdasar (27).

Keberhasilan pelayanan Paulus di tengah bangsa bukan Yahudi maupun di antara bangsa Yahudi yang hidup di perantauan, agaknya merisaukan para pemuka agama...

6sep2007
Identitas iman
Kisah Para Rasul 22:1-21

Betapa berbedanya orang Yahudi bila dibandingkan dengan kepala pasukan! Tanpa memeriksa kebenarannya terlebih dulu, mereka menuduh Paulus telah menajiskan Bait Allah (21:28). Tuduhan ini bagai sebuah vonis hukuman mati bagi Paulus (21:31)! Kepala pasukan, yang tadinya menduga bahwa Paulus adalah pemberontak di Mesir, berubah pikiran sesudah mempelajari faktanya (38-40)....

7sep2007
Mempertanggungjawabkan iman
Kisah Para Rasul 22:22-30

Meski Paulus telah memberikan penjelasan panjang lebar, hal itu tidak meredakan amuk massa (22). Bagi orang Kristen Yahudi, menjadikan orang-orang nonYahudi sebagai pengikut Kristus tanpa terlebih dulu membuat mereka menjadi Yahudi, merupakan hal yang tak dapat diterima. Jelaslah mereka lebih mengutamakan sebuah identitas budaya dan bangsa daripada identitas iman.

Amuk...

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis