1okt2014
Pelayan Tuhan sejati
Yeremia 20:7-18

Pergumulan batin Yeremia menunjukkan kontras dengan Pasyhur. Di sini kita mendapat secercah gambaran seperti apa rasanya menjadi ?orang dalam?-nya Tuhan. Bukan seperti ?orang dalam? para penguasa dunia yang menikmati kekuasaan, kelimpahan, dan kemapanan. Yeremia menunjukkan risiko menjadi orang yang hidup dekat dengan Tuhan: sebuah kehidupan yang penuh tarik-ulur, penuh kejutan, naik dan turun layaknya...

2okt2014
Melawan dihancurkan, menyerah selamat
Yeremia 21:1-10

Seharusnya Tuhan senang kalau anak-anak-Nya meminta tolong sehingga pada waktu-Nya, Ia menjawab seruan mereka. Namun, dalam perikop ini Yeremia mewakili Tuhan menyampaikan penolakan untuk menolong Yehuda yang sedang dikepung tentara Babel, pimpinan Nebukadnezar. Mengapa?

Karena Tuhan mengirim Babel justru untuk menghukum Yehuda karena mereka jahat dan keras kepala, sebab tidak mau bertobat....

3okt2014
Bertobat agar selamat
Yeremia 21:11-22:12

Dalam Yesaya 59:1-2, Yesaya berkata bahwa sebenarnya bukan tangan Tuhan kurang panjang atau telinga-Nya kurang mendengar sehingga Ia tidak menyelamatkan umat-Nya, melainkan karena dosa-dosa umat yang membuat Tuhan tidak mau menolong mereka. Dengan kata lain, Tuhan sebenarnya mengasihi umat-Nya. Ia tidak ingin membinasakan mereka. Namun masalahnya, umat sendiri yang mengeraskan hati, tidak mau bertobat.

Dalam...

4okt2014
Keturunan yang jahat?
Yeremia 22:13-30

Biasanya kita cenderung mencap seseorang baik atau jahat dengan merujuk kepada orang tuanya, atau ayahnya. Kalau ayahnya jahat, tak heran anaknya juga jahat. Kalau anaknya jahat, pasti karena orang tuanya jahat. Padahal tidak selalu demikian.

Empat raja terakhir Yehuda sebenarnya hanya terdiri dari dua generasi (lih. 2Raj. 23:31-24:20). Pengganti Yosia ialah Yoahas, putranya. Pengganti Yoahas...

5okt2014
Menjadi mempelai raja
Kidung Agung 3:6-11

Pernah menonton video pernikahan Lady Diana dan Prince Charles (1981), yang dikatakan sebagai pernikahan termegah sedunia? Yang menarik dari pernikahan ini, Lady Di bukanlah bangsawan, walau kemudian dianugerahi gelar Princess of Wales. Namun ia menikah dengan putra mahkota kerajaan Inggris. Tentu banyak wanita yang bermimpi beroleh anugerah seperti itu.

Mimpi sang mempelai wanita pada perikop...

6okt2014
Tunas adil
Yeremia 23:1-8

Dalam perjanjian Tuhan dengan Daud ditegaskan bahwa fungsi raja ialah gembala. Daud merupakan gambaran raja yang berjiwa gembala, yang memberi perhatian kepada rakyatnya dengan baik. Meski Daud pernah gagal karena menyalahgunakan otoritasnya untuk merampas istri Uria dan membinasakan sang suami (2Sam. 11).

Nubuat Yeremia ini mengakhiri rangkaian nubuat mengenai raja-raja Yehuda. Nubuat ini...

7okt2014
Menentang nabi palsu
Yeremia 23:9-20

Di negeri kita yang tercinta, hampir semua lini kehidupan sudah terkontaminasi oleh korupsi dan manipulasi. Bukan hanya pada kepemimpinan politik, bahkan dalam kepemimpinan agama pun kita temukan banyak penyimpangan.

Kalau dalam beberapa pasal sebelumnya Yeremia menyerang kebobrokan para raja Yehuda, kini para nabi dan imam pun tdak luput dari tudingan akan dosa-dosa mereka. Yeremia membongkar...

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis