1apr2014
Yudas dan Petrus
Yohanes 13:31-38

Kepergian Yudas membuka jalan bagi Yesus untuk mempersiapkan murid-murid-Nya yang sejati dalam menghadapi apa yang akan terjadi di waktu mendatang.Kepergian Yudas juga menandai permulaan pemuliaan Anak Manusia. Bagi Yesus, penderitaan dan salib yang akan Dia tanggung merupakan kemuliaan dan bukan merupakan kehinaan. Kemuliaan itu pun merupakan kemuliaan bagi Allah Bapa (31-32).

Namun pemuliaan...

2apr2014
Percayalah!
Yohanes 14:1-14

Ditinggal pergi seseorang tentu tidak menyenangkan. Kecuali jika ada tujuan yang akan membawa kebaikan. Kegelisahan para murid karena Sang Guru akan meninggalkan mereka, diketahui oleh Yesus. Oleh karena itu, Yesus menguatkan mereka dengan memberitahukan tujuan kepergian-Nya.

Yesus akan pergi ke rumah Bapa untuk menyediakan tempat bagi para murid-Nya (2). Namun Ia akan kembali untuk membawa...

3apr2014
Roh Kudus dan damai sejahtera
Yohanes 14:15-31

Yesus memahami situasi dan kondisi yang akan dihadapi para murid-Nya setelah Dia pergi ke rumah Bapa untuk mempersiapkan tempat bagi mereka. Ini tidak akan mudah bagi para murid, setelah selama tiga tahun Yesus begitu nyata dilihat oleh mereka. Tak heran bila para murid merasa gelisah.

Sebab itu Ia tidak akan meninggalkan mereka begitu saja, bagaikan anak-anak yatim piatu (18). Apalagi mereka...

4apr2014
Tinggal di dalam Yesus
Yohanes 15:1-17

Perpisahan dapat membuat hubungan di antara pihak-pihak yang berpisah menjadi renggang. Namun bukan ini yang diharapkan Yesus terjadi pada murid-murid-Nya setelah Ia pergi kelak. Ketika Yesus tidak bersama mereka lagi, mereka harus tetap terpaut pada-Nya dan menghasilkan buah. Untuk mengajarkan ini, Yesus menggunakan pokok anggur sebagai gambaran guna menjelaskan hubungan murid-murid dengan Dia...

5apr2014
Dibenci karena tinggal di dalam Yesus
Yohanes 15:18-16:4a

Pada perikop sebelumnya, Yesus mengajar murid-murid-Nya untuk tinggal di dalam Dia. Tinggal di dalam Yesus adalah esensi hidup sebagai murid-murid Yesus, serta mencakup aspek hidup menghasilkan buah dan saling mengasihi di antara sesama murid Kristus.

Tinggal di dalam Yesus mencakup aspek lain juga, yaitu dibenci dunia (15:18-19). Sebagai pengikut Yesus, kita tidak bisa menghindari adanya...

6apr2014
Sengsara yang dahsyat
Ratapan 4:1-22

Yesaya pernah mengungkapkan ?keputusasaan? Allah dalam mendisiplin umat-Nya, "di mana kamu mau dipukul lagi, kamu yang bertambah murtad?...Dari telapak kaki sampai kepala tidak ada yang sehat: bengkak dan bilur dan luka baru?" (Yes. 1:5-6). Itulah gambaran umat Tuhan yang berdosa, walau telah dihukum keras, babak belur, bergeming dalam dosa-dosanya.

Mengerikan keadaan Yerusalem dalam Ratapan...

7apr2014
Roh Kudus
Yohanes 16:4b-15

Bayangkan perasaan murid-murid Yesus. Yesus memberitahu bahwa Ia akan pergi meninggalkan mereka. Lalu sesudah itu mereka akan dibenci dan diburu oleh orang-orang yang membenci Yesus, seolah-olah mereka adalah pelaku tindak kriminal. Tentu ini membuat mereka sedih sehingga kehilangan minat untuk mengetahui tujuan kepergian Yesus (5-6). Mereka tidak tahu apa gunanya kedatangan Roh Kudus bagi mereka....

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis