1okt2012
Pelanggaran kecil berakibat besar
Yosua 22:9-20

Orang sering mengabaikan ketaatan pada hal-hal kecil, padahal itu berpotensi ke arah ketidaktaatan pada hal-hal besar. Yesus mengajar orang percaya untuk belajar setia dan hidup benar dalam perkara-perkara kecil karena hal itu merupakan modal untuk setia dan benar dalam perkara-perkara besar (Luk. 16:10).

Hari ini kita diingatkan bahwa pada masa sebelum Bait Suci dibangun, hidup ibadah umat...

2okt2012
Jangan menghakimi!
Yosua 22:21-34

Salah satu masalah yang bisa merusak hubungan dengan sesama adalah sikap suka menghakimi. Hubungan bisa rusak karena tidak ada kesediaan untuk terbuka dan membicarakan pendapat masing-masing. Kesimpulan yang terlalu cepat, yang diikuti oleh sikap menghakimi, mengakibatkan kerusakan yang sulit diperbaiki.

Dikirimnya Pinehas bin Eleazar dan perwakilan Israel menunjukkan pentingnya urusan yang...

3okt2012
Rahasia keberhasilan regenerasi
Yosua 23:1-16

Pergantian generasi adalah fakta yang tidak bisa ditolak siapapun. Generasi yang satu digantikan generasi berikutnya. Masalahnya, apakah generasi berikut bisa mempertahankan keberhasilan generasi sebelumnya. Banyak proses pergantian generasi berakibat runtuhnya pekerjaan yang telah dibangun dengan susah payah. Itu terjadi karena tidak diwarisinya inti kehidupan yang menjadi rahasia keberhasilan...

4okt2012
Tuhan yang berdaulat atas sejarah
Yosua 24:1-13

Perjalanan sejarah dunia diwarnai oleh jatuh bangunnya bermacam bangsa dan kuasa. Semua berjalan seolah-olah berdasar kuat atau lemahnya masing-masing bangsa. Anggapan ini membawa manusia pada sikap mengandalkan diri sendiri dan melupakan Tuhan. Namun dalam semua peristiwa yang terjadi, sesungguhnya ada campur tangan Tuhan yang berkuasa menggenapkan rencana-Nya.

Dalam firman Tuhan hari ini,...

5okt2012
Hidup adalah pilihan
Yosua 24:14-28

Manusia selalu dihadapkan pada pilihan. Pilihan untuk sekolah atau bekerja, pilihan untuk menikah atau melajang, bahkan pilihan untuk beribadah dan taat kepada Tuhan atau tidak. Pilihan yang tepat akan membawa pada kebahagiaan, pilihan yang keliru akan membawa pada petaka dan penyesalan berkepanjangan.

Firman Tuhan hari ini menceritakan bagian lain dari pidato perpisahan Yosua. Yosua tahu...

6okt2012
Janji yang tidak ditepati
Yosua 24:29-33

Dunia masa kini makin tidak menghargai janji. Manusia makin terbiasa dengan sikap mengabaikan janji. Janji pernikahan yang diingkari dengan perselingkuhan. Janji pejabat untuk bekerja dengan jujur diingkari dengan melakukan korupsi. Janji pelayanan diabaikan dengan mencari keuntungan. Bahkan janji untuk mengikut Tuhan diabaikan dengan menduakan-Nya. Sikap mengingkari janji itu bukan baru terjadi...

7okt2012
Belas kasih Allah
Mazmur 79

Belas kasih Allah adalah kasih karunia-Nya yang sebenarnya tidak layak diterima oleh orang berdosa. Hanya karena Allah mengasihi ciptaan-Nya, dan demi nama-Nya belas kasih-Nya dicurahkan. Hal itu sudah kita alami di dalam Tuhan Yesus Kristus.

Keterpurukan Israel sampai hancur, terjajah, dan terbuang ke negeri orang adalah akibat ulah mereka sendiri. Mereka telah melanggar Taurat dan Perjanjian...

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis