1jan2011
Kesetaraan: perjuangan atau pengakuan?
Kejadian 1:1-23

Memasuki tahun baru biasanya ada harapan terbersit dan karena itu ada resolusi yang ingin dicapai. Ya, resolusi untuk melakukan sesuatu akan melahirkan semangat untuk meraihnya. Resolusi apa yang telah Anda buat?

Kisah penciptaan sering kita dengar atau baca. Jika kita ber-Sekolah Minggu, dulu, kita tentu pernah ditugaskan oleh guru Sekolah Minggu, untuk menghafal urutan penciptaan. Namun...

2jan2011
Andalanku
Mazmur 1

Melakukan kesalahan satu kali saja sudah lebih dari cukup. Sebab kesalahan yang satu kali itu bisa diingat orang lain seumur hidup. Sehingga meski berbagai perbuatan baik sudah dilakukan, tetap tidak bisa menutup perbuatan salah yang satu kali itu. Karena memang akibatnya sering tak bisa diperbaiki lagi. Menyesal dan menangis pun tidak akan menghapus segalanya.

Mazmur 1 mengingatkan bahwa...

3jan2011
Beriman? Pelihara bumi!
Kejadian 1:24-31

Setelah menciptakan hewan yang hidup di udara dan laut, pada hari keenam Allah menciptakan aneka jenis hewan yang mendiami daratan (24-25). Bila kita memperhatikan betapa beragamnya jenis hewan yang Allah ciptakan, kita pasti akan terkesan atas keindahan kreativitas Allah.

Kesempurnaan kreativitas Allah tampak dalam penciptaan manusia sebagai makhluk yang utama dan mulia, karena diciptakan...

4jan2011
Enam banding satu
Kejadian 2:1-7

Kata "istirahat" dimaknai sebagai berhenti sejenak untuk melepaskan lelah. Lalu bila Allah berhenti dari kegiatan penciptaan alam semesta (2-3), apakah itu terjadi karena Dia merasa lelah dan perlu berhenti untuk beristirahat? Tentu bukan. Dia berhenti pada hari ketujuh untuk menunjukkan bahwa karya penciptaan-Nya telah selesai.

Seolah sesuatu yang memuncak menjadi klimaks, Allah menyebut...

5jan2011
Harmoni dalam ciptaan
Kejadian 2:8-25

Urutan penciptaan alam semesta memperlihatkan betapa tingginya hikmat Allah. Sebelum menciptakan benda-benda langit, terlebih dahulu Allah menciptakan terang dan gelap. Sebelum menciptakan burung-burung dan ikan-ikan, Allah terlebih dahulu menciptakan cakrawala dan laut. Dan Ia menyediakan tanah daratan sebelum menciptakan hewan darat dan manusia.

Allah menciptakan wadah tempat mereka hidup...

6jan2011
Autentisitas identitas Yesus
Lukas 3:23-38

Ketika seseorang melamar pekerjaan maka dia akan melampirkan berkas-berkas untuk melengkapi surat lamarannya itu. Misalnya daftar riwayat hidup, ijazah, surat keterangan berkelakuan baik, dan lain-lain. Daftar riwayat hidup yang dimaksud tentu yang berkaitan dengan diri yang bersangkutan saja. Rasanya belum ada institusi tempat orang melamar pekerjaan, yang meminta daftar riwayat hidup yang dilengkapi...

7jan2011
Menang karena firman
Lukas 4:1-13

Seorang teolog pernah menuliskan bahwa setiap detail hidup manusia harus diliat dari sudut pandang teologi. Maksudnya, segala yang terjadi dalam hidup kita, harus dilihat dari sudut pandang Allah, bukan berdasarkan pandangan manusia.

Perikop ini memperlihatkan kepada kita cara Yesus mengatasi pencobaan. Saat itu Yesus dituntun Roh Kudus ke padang gurun (1). Setelah berpuasa selama empat...

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis