1feb2006
Penyertaan Allah dan ketaatan
Keluaran 23:20-33

Bagian penutup rangkaian peraturan yang menjabarkan Hukum Taurat ini merupakan tantangan untuk taat dan setia pada perjanjian yang Israel akan ikat dengan Allah mereka. Allah menjanjikan penyertaan dan berkat yang mengiringi, tetapi Israel harus taat secara tuntas.

Pertama, janji penyertaan Allah dinyatakan melalui utusan (bhs. Ibr. mala\'k berarti utusan...

2feb2006
Perjanjian darah
Keluaran 24:1-18

Upacara perjanjian yang diadakan antara Allah dengan Israel adalah wujud formal yang memeteraikan perjanjian yang telah disetujui oleh kedua belah pihak. Allah sebagai pihak pertama, menawarkan penyertaan dan jaminan-Nya atas Israel (ayat 23:20-33). Israel di pihak kedua berjanji taat kepada segenap firman-Nya (ayat 24:3).

Upacara itu dimulai dengan persembahan...

3feb2006
Berikanlah hartamu bagi-Ku!
Keluaran 25:1-9

Kekayaan bukanlah jaminan seseorang bersedia memberikan uangnya bagi pembangunan gedung gereja. Tidak sedikit mereka yang memberi hartanya adalah orang yang hidup dalam kekurangan. Di mana perbedaannya? Perbedaannya ada pada hati seseorang bukan uangnya.

Sebelum meninggalkan Mesir, Allah menggerakkan hati bangsa Mesir untuk membekali Israel dengan benda-benda...

4feb2006
Tutup pendamaian sejati
Keluaran 25:10-22

Tabut perjanjian merupakan simbol kehadiran Allah. Dalam sejarah Israel, tabut ini berfungsi sebagai berikut: Pertama, tempat Allah berhubungan dengan Musa, pemimpin umat-Nya (ayat 22). Kedua, melambangkan bimbingan (Bil. 10:33). Ketiga, melambangkan kemenangan (Yos. ps. 6). Keempat, melambangkan kepemimpinan Ilahi (Yos. 3:14-17).

Di atas tabut itu dibentangkan...

5feb2006
Roti Hidup dari surga
Keluaran 25:23-30

Salah satu perabot kemah suci dalam ruang kudus adalah meja roti sajian. Di nas ini, peraturan mengenai pembuatan meja roti sajian dan bahan yang dipakai dijelaskan secara rinci (ayat 23-29). Di Imamat 24:5-9 dijelaskan tujuan meja roti sajian ini, yaitu meletakkan roti sajian sebagai lambang kehadiran Allah di tengah-tengah kedua belas suku Israel dan peraturan siapa...

6feb2006
Terang dari Allah
Keluaran 25:31-40

Sama seperti meja roti sajian, pembuatan kandil dijabarkan pada perikop ini, tetapi fungsi dan tujuannya dijabarkan di nas lain (ayat 27:20-21; Im. 24:2-4). Allah tidak bermaksud agar ruang kudus itu diterangi oleh terang alamiah. Oleh sebab itu, Allah merencanakan agar tempat kudus itu diterangi oleh terang yang khusus, yang terbuat dari kandil emas. Kandil yang terdiri...

7feb2006
Ibadah dalam Roh & kebenaran
Keluaran 26:1-37

Sangat rumit memahami rincian pembuatan kemah pertemuan. Bahan-bahan yang dipakai pun sangat banyak (ayat 1-29). Bangunan kemah suci itu merupakan satu-satunya tempat yang sah bagi umat Israel untuk beribadah karena Allah sendiri yang menetapkannya.

Oleh karena itu, yang paling penting dari pembangunan kemah suci ini adalah harus sesuai dengan ketentuan yang Allah...

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis