1mei2005
Akibat bersandar pada yang bukan Tuhan.
2Raja 1:1-18


Tuhan tak henti-hentinya mengasihi Israel. Melalui Elia, hamba-Nya Tuhan mengingatkan dan menegur berbagai dosa yang dilakukan umat-Nya. Namun, umat Tuhan tetap tidak mau berpaling pada-Nya bahkan semakin tenggelam dalam dosa yang justru dipimpin oleh para raja yang tidak takut akan Tuhan.

Ahazia adalah raja yang tidak takut akan Tuhan. Ia hidup dalam dosa...

2mei2005
Suksesi kepemimpinan dalam pelayanan
2Raja 2:1-14


Pelayanan adalah hal yang serius dan mulia. Tidak sembarang orang boleh melayani Tuhan. Hanya Tuhan yang berhak memilih dan menetapkan hamba-hamba-Nya. Elisa adalah calon pengganti Nabi Elia yang telah Tuhan pilih dan persiapkan (Lihat 1Raj. 19:19-21). Elisa pun sudah mengikuti dan belajar dari hidup dan karya Nabi Elia. Sekarang waktunya sudah tiba bagi Elia untuk...

3mei2005
Peneguhan hamba Tuhan
2Raja 2:15-25


Dalam setiap alih kepemimpinan biasanya muncul pertanyaan siapakah orang yang paling tepat menggantikan pemimpin yang lama. Pertanyaan ini mencuat bisa dikarenakan oleh pamor pemimpin lama yang masih disegani sementara kemampuan calon pemimpin baru tersebut belum teruji.

Nabi Elia sudah terangkat ke surga. Elisa sudah ditetapkan menjadi nabi penggantinya....

4mei2005
Siapa yang Anda andalkan?
2Raja 3:1-27


Siapa atau apa pusat hidup seseorang akan nyata melalui tindakan-tindakan yang ia ambil. Kalau Tuhan yang menjadi pusat hidupnya, maka ia pasti menaati pimpinan-Nya dan hidup dalam kebenaran dan kesalehan.

Yoram memang tidak meniru dosa ayah dan ibunya menyembah Baal dan Asyera (ayat 2), tetapi ia juga tidak berpaling kepada Tuhan, Allah Israel. Ia mengikuti...

5mei2005
Hamba Tuhan bagi semua orang
2Raja 4:1-7


Tidak mudah bagi seseorang untuk menjaga diri tetap rendah hati ketika ia sedang populer. Kecenderungan untuk memegahkan diri dan merendahkan orang lain adalah godaan besar baginya. Apalagi bila pergaulannya di kalangan elit, sulit baginya memberi perhatian kepada orang kecil.

Nama Elisa makin populer di Israel. Ia dianggap sebagai pemimpin para nabi...

6mei2005
Peka terhadap kebutuhan orang lain
2Raja 4:8-44


Orang sering silau oleh hal-hal yang spektakuler. Baik yang bersifat jasmani, seperti kekayaan dan kuasa, maupun yang supranatural, seperti mukjizat. Ada hal lain yang jauh lebih penting, yaitu hati yang penuh kasih dan peka terhadap kebutuhan orang lain. Hati seperti ini menjadi syarat Tuhan memakai kita menjadi berkat untuk orang lain.

Perempuan Sunem...

7mei2005
Kecil bagi dunia, besar di hadapan Allah
2Raja 5:1-14


Kita sering menganggap remeh orang kecil, seperti pelayan, sopir, TKW, dll. Mereka kita masukkan sebagai bagian yang tidak penting dalam kehidupan. Kita menganggap pekerjaan atau profesi kita jauh lebih utama. Padahal, tanpa mereka banyak pekerjaan `penting' kita terbengkalai. Bayangkan kantor Anda tanpa pesuruh dan petugas kebersihan. Semua harus Anda kerjakan...

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis