1jul2015
Ketaatan Manusia dan Penyertaan Tuhan
1 Raja-Raja 6:1-36

Ketika kita menikmati kemegahan sebuah gedung dengan gaya arsitektur yang menakjubkan, kita akan mengagumi keindahan dan detail bangunan tersebut. Pembangunan Bait Suci selain sebagai tempat ibadah dan mempersembahkan kurban bagi bangsa Israel, juga dimaksudkan untuk membangkitkan perasaan terpesona terhadap kemegahan dan kemuliaan Bait Suci.

Namun fokus bangsa Israel tidak tepat jika hanya...

2jul2015
Menjaga Motivasi Hati
1 Raja-Raja 7:1-12

Jika sebagai orang percaya kita diperhadapkan pada pilihan: lebih mementingkan karya yang mengagungkan Tuhan ataukah mementingkan monument yang mengagungkan diri kita sendiri, bisa jadi secara spontan kita memilih yang pertama, atau secara jujur memilih yang kedua. Pernyataan tersebut mungkin juga terlintas di kepala kita ketika mengetahui fakta: Pertama, Salomo membangun Bait Suci selama tujuh...

3jul2015
Agar Nama Tuhan Dipuja
1 Raja-Raja 7:13-51

Dalam dua renungan sebelumnya, kita telah melihat bahwa kerajaan Israel dan Bait Suci berkaitan erat. Kita juga mengetahui bahwa pembangunan Bait Suci sempat diinterupsi oleh pembangunan istana Salomo. Kini Salomo melanjutkan pembangunan Bait Suci dengan mengisi kebutuhan perlengkapan Bait Suci, baik yang terbuat dari tembaga (13-47) maupun emas (48-50).

Detail dimana Hiram dipekerjakan...

4jul2015
Paradoks Kehadiran Tuhan
1 Raja-Raja 8:1-13

Dalam kehidupan kita sebagai orang Kristen, ada begitu banyak paradoks yang bisa kita alami. Sesuatu disebut paradoks ketika dua kenyataan seolah-olah bertentangan, tetapi sebetulnya tidak demikian. Misalnya, kita tahu dan tidak tahu tentang apa yang Allah inginkan. Kita bisa tahu sejauh Allah menyatakannya. Jika tidak, maka kita tidak tahu. Ada sesuatu yang tersembunyi atau tak terungkap, yang...

5jul2015
Tetap Percaya Tuhan di Masa Sukar
Mazmur 25

Pepatah mengatakan, "Sudah jatuh, tertimpa tangga pula", kira-kira seperti itulah gambaran kondisi Daud. Dalam mazmur ini, Daud berhadapan dengan orang-orang yang membencinya (2, 19). Ia juga merasa kesepian dan menderita (16). Ia berada dalam kondisi terdesak (17). Ia sengsara dan mengalami kesukaran karena dosa (18).

Bila kita mengalami seperti yang dialami Daud, kita mungkin akan putus...

6jul2015
Saling Setia
1 Raja-Raja 8:14-21

Pada zaman Israel kuno, perjanjian terbagi menjadi dua: pertama, perjanjian sejajar, misalnya antara seorang raja dengan raja lainnya. Kedua, perjanjian bertingkat, misalnya antara tuan dengan hambanya. Dalam kedua macam perjanjian itu, masing-masing pihak terikat dengan syarat-syarat perjanjian. Yang pasti, mereka harus setia pada perjanjian tersebut.

Ketika Tuhan membuat perjanjian dengan...

7jul2015
Mahahadir yang Intim
1 Raja-Raja 8:22-40

Ketika Betsy berbicara kepada Anton, Anton mendengarkannya sambil melihat TV. Wajarkah jika Betsy menganggap Anton tidak perhatian atau kurang peduli kepada Betsy? Jika Anton perhatian atau peduli kepada Betsy, bukankah mata dan telinga Anton yang semula terarah ke TV seharusnya terarah ke Betsy?

Tuhan sangat memerhatikan dan peduli kepada umat-Nya. Sekalipun Dia adalah Allah yang Mahabesar...

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis