1ags2011
Kemenangan di tangan Tuhan
Yosua 10:1-15

Meski telah menerima janji dari Tuhan sebagai ahli waris Kanaan, Israel tidak bisa lepas dari peperangan dengan bangsa-bangsa yang telah terlebih dahulu berada di sana. Lima raja bermufakat untuk memerangi "sekutu" Israel, yaitu Gibeon. Kekuatan mereka tidak tanggung-tanggung. Kelimanya menguasai wilayah teramat luas.

Lagi-lagi Tuhan membuktikan kuasa-Nya. Tuhan menggerakkan batu dari langit...

2ags2011
Tanggung jawab kita
Yosua 10:16-28

Seorang berdoa kepada Tuhan, "Tuhan berikanlah aku pekerjaan." Lalu ia menunggu dan menunggu, berharap ada mukjizat pekerjaan yang datang kepada dia. Orang lain juga berdoa kepada Tuhan, "Tuhan, damaikan aku dengan saudaraku." Lalu ia tinggal diam, berharap bahwa saudaranya akan datang menjumpai dia untuk berdamai. Terkadang kita menjalani hidup kerohanian kita dengan logika yang terbatas. Kita...

3ags2011
Langkah kemenangan
Yosua 10:29-43

Pada bagian ini kita menyaksikan bagaimana Tuhan memenuhi janjinya pada Israel. Tanah demi tanah "dibebaskan" oleh Tuhan. Kitab Yosua menceritakannya dalam kisah yang dramatis. Setelah menaklukkan sebuah kota dengan segala isinya, kota lain kemudian menyusul. Esoknya kota lain bernasib sama. Setelah Makeda, Libna, kemudian Lakhis. Eglon menyusul jatuh, kemudian Hebron. Debir juga ditumpas. Kota...

4ags2011
Taat sampai tuntas
Yosua 11:1-15

Berbagai peperangan telah dilalui Yosua dan umat Israel. Sejauh ini saat mereka taat benar pada perintah Tuhan kemenangan selalu didapatkan. Mereka belajar menjaga kekudusan, supaya peristiwa Ai tidak terulang (psl. 7). Mereka belajar untuk selalu mencari petunjuk dari Tuhan, supaya peristiwa dengan Gibeon tidak terulang (psl. 9). Sampai saat ini mereka sukses.

Perikop hari ini mencatatkan...

5ags2011
Janji Allah dan ketekunan umat
Yosua 11:16-23

Ketika membaca kisah dalam Alkitab, kita kadang lupa bahwa kisah-kisah tersebut merupakan ringkasan padat. Maksudnya kisah-kisah yang kita baca dalam beberapa menit sesungguhnya mengisahkan sesuatu yang terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Nas hari ini menyatakan bahwa "Yosua merebut seluruh negeri itu" (16, 23) seperti yang difirmankan Tuhan kepada Musa (23). Ini menunjukkan kesetiaan...

6ags2011
Mengingat kesetiaan Allah
Yosua 12:1-24

Dosen saya mengatakan bahwa: "The main enemy of faith is forgetfulness" (musuh utama dari iman adalah keterlupaan). Secara umum, umat Allah mudah melupakan kesetiaan Allah. Maka bila menghadapi kesulitan, kita langsung menganggap bahwa Tuhan tidak mengasihi dan telah melupakan kita, padahal kitalah yang sering melupakan kesetiaan-Nya.

Catatan detail tentang nama raja-raja yang ditaklukkan...

7ags2011
Ujian kebenaran
Mazmur 26

Dalam Hukum Taurat ada peraturan mengenai seorang istri yang dituduh tidak setia oleh suaminya (Bil. 5:11-31; lihat juga Ul. 22:13-19). Wanita itu harus menjalani ritual tertentu untuk membuktikan kesuciannya. Peraturan itu dibuat untuk melindungi istri dari perlakuan sewenang-wenang suaminya.

Pemazmur menghadapi fitnah keji mengenai karakter dirinya, yang mengundang anggapan bahwa ia tidak...

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis