1des2011
Berani menghadapi penderitaan
1 Petrus 5:12-14

Dalam penutup suratnya, Petrus menyebutkan nama Silwanus. Silwanus adalah seseorang yang dipilih untuk mengantarkan surat keputusan sidang di Yerusalem kepada jemaat yang ada di Antiokia (Kis. 15:22). Berdasarkan catatan Kisah Para Rasul 15:40-18:11, Silwanus menyertai perjalanan misi Paulus yang kedua. Hal ini tercatat dalam salam pembuka surat Paulus kepada jemaat di Tesalonika (1Tes. 1:1; 2Tes....

2des2011
Menegakkan keadilan
2 Petrus 1:1-2

Surat 2 Petrus berbeda dari surat 1 Petrus dalam beberapa aspek. Pertama, belum tentu penerima surat ini sama. Kedua, dalam surat 1 Petrus, Petrus menyatakan diri sebagai rasul yang menyapa umat Tuhan sebagai umat pilihan. Mereka adalah umat pilihan karena dari tengah-tengah bangsa-bangsa yang tidak mengenal Tuhan mereka dikuduskan oleh Roh Kudus dan ditebus oleh darah Kristus. Surat 2 Petrus menyapa...

3des2011
Bertumbuh atau mundur!
2 Petrus 1:3-15

Orang Kristen yang tidak bertumbuh pasti akan mundur imannya. Ibarat berenang melawan arus di kolam arus. Saat berhenti berenang, kecuali keluar dari kolam tersebut, pasti kita akan terbawa arus. Dunia ini berjalan melawan Allah. Anak Tuhan tidak bisa netral atau statis. Ia harus bergerak maju melayani Allah atau hanyut oleh arus dunia yang melandanya.

Itulah nasihat Petrus di penghujung...

4des2011
Bergumul dengan kefanaan
Mazmur 39

Pernah frustasi terhadap diri sendiri? Mungkin karena karakter tertentu yang kita ingin buang, tetapi sepertinya sulit untuk kita singkirkan. Mungkin dosa tertentu yang menjerat kita. Kita sadar hidup kita tidak kudus, namun kita tak berdaya, bahkan doa-doa kita sepertinya tidak memberi dampak perubahan dalam kerohanian kita.

Pemazmur sadar akan hidupnya yang fana. Di satu sisi, ia hidup...

5des2011
Dasar untuk percaya
2 Petrus 1:16-21

Kadang waktu kita mendengarkan khotbah kita segera merasakan bahwa si pengkhotbah tidak sungguh-sungguh meyakini yang ia khotbahkan. Isi khotbahnya mungkin sangat baik, sistematis dan "alkitabiah". Namun, tidak ada rohnya. Tidak keluar dari hati yang mengasihi Allah dan mengasihi jemaat. Khotbah tersebut mungkin mencerahkan intelektual jemaat, tetapi tidak membangun kerohanian mereka.

Petrus...

6des2011
Jangan takut terhadap pengajar sesat
2 Petrus 2:1-10a

Anak Tuhan sejati memiliki Roh Kudus di dalam dirinya yang akan memampukannya mengenali roh jahat atau roh sesat di dalam para pengajar sesat. Namun Roh Kudus akan berfungsi maksimal kalau kita sendiri bertekun dalam firman Tuhan karena pada hakikat-Nya tugas Roh Kudus adalah mengajarkan dan mengingatkan apa yang Tuhan Yesus sudah ajarkan di dalam firman-Nya.

Petrus sadar, di kalangan jemaat...

7des2011
Upah nabi palsu
2 Petrus 2:10b-22

Paparan di perikop ini sungguh menggentarkan hati. Setara mungkin kalau kita membaca Roma 1:18-32 ketika Paulus memaparkan kekejian orang yang hidup dikuasai oleh nafsu dosa yang begitu menjijikkan tanpa kenal malu. Para pengajar sesat di sini diumpamakan Petrus sebagai binatang yang tidak berakal (12).

Mengapa mereka bisa berperilaku demikian? Sama seperti yang dikatakan Paulus di Roma...

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis