1sep2013
Keagungan dan belas kasih
Mazmur 113:1-9

Mazmur haleluya ini juga permulaan dari kumpulan mazmur yang dalam tradisi Yahudi disebut hallel (113-118). Mazmur hallel dikaitkan dengan beberapa perayaan utama umat Yahudi, terutama dalam konteks perayaan paskah. Mazmur 113-114 dilantunkan sebelum memulai makan paskah, Mazmur 115-118 untuk mengakhirinya.

Pujian yang mengawali Mazmur 113 ini mengajak semua 'hamba Tuhan' memuji nama Tuhan...

2sep2013
Jangan sembarang pilih
Hakim-hakim 9:1-6

Gideon, sang pahlawan Israel, seolah bersikap rendah hati tatkala secara resmi menolak permintaan rakyat agar ia menjadi raja Israel. Bahkan ia menegaskan bahwa anaknya pun tidak akan duduk menjadi raja atas mereka (Hak. 8:22-31). Meski demikian, secara praktis Gideon bertingkah seperti raja. Namun tidak demikian dengan Abimelekh, anak Gideon.

Abimelekh sangat berambisi menjadi raja. Untuk...

3sep2013
Waspada memilih pemimpin
Hakim-hakim 9:7-21

Mengetahui bahwa seorang sadis berdarah dingin membunuh saudara-saudaranya yang berjumlah enam puluh sembilan, tentu merupakan suatu hal yang mengerikan bagi Yotam. Meski ia bersembunyi, jantungnya tentu berdegup kencang membayangkan gilirannya tiba. Namun ia lolos!

Sebelum melarikan diri, Yotam melancarkan protes terhadap sikap orang Sikhem, sekaligus merupakan prediksi mengenai efek dari...

4sep2013
Dosa pasti dihukum
Hakim-hakim 9:22-49

Selama masa tiga tahun pemerintahan Abimelekh, hubungan antara orang Sikhem dan Abimelekh terlihat baik-baik saja. Namun dalam penghakiman atas Abimelekh karena ia telah membunuh ketujuh puluh saudaranya, Allah menyingkirkan kedamaian yang ada di antara kedua pihak itu dan membangkitkan semangat jahat (22-23). Orang Sikhem berkonspirasi untuk menghadang Abimelekh (25). Selanjutnya mereka menjadikan...

5sep2013
Bukan kebetulan, bukan kecelakaan
Hakim-hakim 9:50-57

Tidak ada satu orang pun yang dapat lolos dari akibat dosa yang sudah dia perbuat. Ganjaran Tuhan pasti akan tiba, tinggal tunggu waktu dan cara Tuhan.

Sesudah kemenangan brutal yang diperoleh di Menara Sikhem, Abimelekh melakukan penyerangan ke Tebes. Ia membakar menara yang ada di tengah kota itu (50-52). Namun seperti dikatakan pepatah, "Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih",...

6sep2013
Tugas kecil-tanggung jawab besar
Hakim-hakim 10:1-5

Tidak banyak informasi yang dapat kita peroleh mengenai Tola dan Yair. Tidak ada juga prestasi di bidang militer yang membuat nama mereka diingat.

Penulis kitab Hakim-hakim tidak menyebut latar belakang Tola hingga ia menjadi hakim Israel. Namun kisah singkat Tola menggambarkan dirinya sebagai hakim yang memiliki kedudukan yang cukup stabil. Ia menjalankan tugas dalam kurun waktu yang relatif...

7sep2013
Pengakuan dosa dan anugerah
Hakim-hakim 10:6-18

Sampai pasal ini sudah tujuh kali disebutkan bahwa "Orang Israel itu melakukan pula apa yang jahat di mata Tuhan..." (6). Tampaknya mereka masih belum jera juga melakukan dosa itu, yaitu dosa menyembah allah lain. Bayangkan saja, sampai tujuh allah asing yang mereka sembah dan karena itu mereka meninggalkan Tuhan!

Tentu saja Tuhan tidak tinggal diam melihat semua itu. Jika Israel ingin beribadah...

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis