1jul2006
Ajaib-Nya dalam kejadianku
Mazmur 114

Kerajaan sering kali disebut dengan nama raja pahlawan pendirinya. Misalnya Han di Tiongkok, Ramses di Mesir, dlsb. Nama-nama itu sekaligus semacam barometer kebesaran dinasti tersebut. Namun tidak satu pun yang demikian hebat sampai bisa bertahan abadi dalam sejarah.

Siapa pencipta umat Israel? Siapakah pendiri kerajaan Yehuda? Yakub yang penipu dan pengecut itu? Siapa membuat Israel...

2jul2006
Ketahanan iman
Mazmur 115

Memiliki iman bahkan bertahan dalam iman adalah hal yang mustahil bila tidak karena anugerah-Nya. Mengapa demikian? Sebab iman sepenuhnya bergantung pada Allah, tidak pada yang bukan Allah. Juga tidak pada diri sendiri. Iman sepenuhnya membuat orang ingin memuliakan Allah saja (1), sebab orang beriman menyadari bahwa perjalanan hidupnya terjadi karena penyertaan dan pertolongan Allah saja.

Posisi...

3jul2006
Kurban syukur
Mazmur 116

Beberapa tahun yang lalu, saya mengalami kecelakaan motor yang menyebabkan kaki saya patah dan harus menjalani operasi. Pada saat kecelakaan itu terjadi, saya sedang berhadapan dengan maut. Dari musibah itu, saya bersyukur karena Tuhan menyelamatkan saya dan memulihkan saya. Saya ingin hidup sebagai persembahan syukur bagi Tuhan karena saya percaya rencana-Nya itu baik bagi saya.

Pemazmur...

4jul2006
Pujian bagi Tuhan
Mazmur 117

Ada saat untuk menaikkan puji-pujian yang sarat dengan kebenaran teologis. Ada juga saat untuk menaikkan puji-pujian yang kental dengan kehangatan kasih kepada Tuhan. Pujian jenis yang pertama biasanya berisi syair yang panjang yang melaluinya kita merenungkan kebenaran- kebenaran yang membuat kita memuliakan Allah. Pujian jenis yang kedua sebagaimana yang nyata dalam mazmur ini: singkat, padat,...

5jul2006
Kuat hadapi tekanan
Mazmur 118

Ada dua pertanyaan penting harus kita temukan jawabannya supaya kita dapat menarik pelajaran dari mazmur ini. Siapakah tokoh yang meneriakkan undangan bermazmur ini? Dalam situasi bagaimana dan kesempatan apa, mazmur ini dikumandangkan?

Pemazmur mengajak Israel (2), pemimpin rohani (3), semua umat yang takut akan Tuhan (4) untuk memuji Tuhan. Dari kesaksian yang dipakainya dan undangan...

6jul2006
Taurat membahagiakan?
Mazmur 119:1-22

Banyak orang Kristen salah mengerti Taurat. Mereka tidak habis mengerti bagaimana mungkin orang memuji-muji keindahan Taurat bahkan menyatakan kecintaan terhadapnya. Bukankah Taurat adalah peraturan- peraturan yang sebagian besar bersifat larangan? Bagaimana mungkin orang mencintai peraturan apalagi larangan, lagipula bukankah Taurat tidak berlaku lagi untuk orang Kristen?

Mazmur...

7jul2006
Suka-duka dalam firman
Mazmur 119:23-44

Sungguhkah hidup akrab dengan firman selalu ditandai oleh suasana hati suka? Jika dalam perikop yang kita baca kemarin timbul kesan demikian, tidak demikian dengan perikop hari ini. Kini lebih banyak ungkapan yang menandakan kesusahan (25, 28, 39) daripada kesukaan (24) diakui jujur oleh pemazmur menjadi pengalaman nyata dia sehari-hari.

Bukankah pengalaman serupa juga menjadi fakta...

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis