1jul2014
Strategi dalam kedaulatan Tuhan
2 Samuel 15:13-37

Iman kepada Tuhan bukan berarti kita tidak perlu berstrategi dalam berencana. Teks kita hari ini menunjukkan dengan indah betapa Daud memakai strategi yang cerdik dalam menghadapi pemberontakan Absalom. Namun, Daud tetap percaya, mengandalkan, dan tunduk pada kedaulatan Tuhan dalam menentukan apakah dia dapat kembali menjadi raja di Yerusalem atau tidak.

Absalom dengan sangat cerdik sudah...

2jul2014
Rela menerima hukuman Tuhan
2 Samuel 16:1-14

Adalah mudah mengatakan kita mengasihi Allah ketika Dia memberkati kehidupan kita sesuai dengan keinginan kita. Namun kesejatian kasih kita akan terbukti melalui respons kita ketika Allah mengizinkan masalah menimpa kehidupan kita.

Pelarian Daud dari Absalom jelas merupakan masalah besar bagi Daud. Ternyata, masalah lain datang menimpa melalui seorang dari kaum keluarga Saul, Simei (5)....

3jul2014
Sesuai kehendak Tuhan
2 Samuel 16:15-17:14

Betapapun manusia merencanakan sesuatu, pada akhirnya kehendak Tuhan yang terjadi. Ahitofel, penasihat yang tidak pernah gagal, yang nasihatnya dilihat sebagai petunjuk dari Allah sendiri (16:23), telah berpihak pada Absalom. Wajar Daud menjadi takut karena jika nasihat Ahitofel dijalankan Absalom, ia akan hancur, sehingga ia berdoa supaya Tuhan menggagalkan rencana Ahitofel (15:31). Tuhan ada di...

4jul2014
Pertolongan Tuhan dalam kesulitan
2 Samuel 17:15-29

Mungkin kita berpikir bahwa pertolongan Tuhan paling nyata ketika semua berjalan dengan lancar. Namun, pengalaman hidup menunjukkan bahwa kita biasanya lebih merasakan pertolongan Tuhan justru ketika kita mengalami kesulitan. Pada saat yang demikian kita begitu bergantung pada pertolongan Tuhan dan karenanya lebih dapat melihat dan menghargai ketika pertolongan tersebut diberikan.

Seperti...

5jul2014
Akhir dari musuh Allah
2 Samuel 18:1-18

Ketika Tuhan lewat di hadapan Musa, Tuhan mengucapkan pernyataan tentang diri-Nya yang sudah kita kenal, yang berbunyi demikian: "Tuhan, Tuhan, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya. . ." Bagian ini sudah kita kenal dengan baik, tetapi kita sering tidak sadar bahwa, pernyataan Tuhan di atas ditutup dengan kalimat "tetapi tidaklah sekali-kali membebaskan orang...

6jul2014
Merespons penderitaan secara berbeda
Mazmur 137

Mungkinkah orang Kristen menaikkan nyanyian syukur kepada Tuhan saat menderita, memikul salib? Sangat mungkin! Buktinya, Paulus dan Silas di penjara Filipi (Kis. 16:25). Mengapa mereka bisa memuji Tuhan di tengah penderitaan itu? Karena mereka melihat penderitaan itu sebagai kehormatan untuk melayani Dia yang sudah menderita bahkan mati bagi mereka.

Tidak demikian dengan umat Israel saat...

7jul2014
Ayah yang meratapi akibat dosanya
2 Samuel 18:19-19:8

Karena Allah yang kita sembah ialah Allah yang adil, maka Dia pasti menghukum perbuatan dosa. Bahkan ketika Allah mengampuni dosa, akibat ataupun hukuman Tuhan sering tetap harus kita terima. Nabi Natan telah memberitahu Daud bahwa Tuhan telah menjauhkan dosanya, tetapi hukuman dari Tuhan tetap diberlakukan (2Sam. 12:13-14).

Sebenarnya kematian Absalom dan kehancuran pasukan pemberontak...

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis