Kerasukan Setan

Lukas 11:24-26
Minggu ke-4 sesudah Pentakosta
Dengan kemajuan teknologi saat ini, banyak orang tidak percaya lagi akan hal-hal yang bersifat spiritual. Banyak orang lebih memilih hal-hal logis berdasarkan akal sehat dan keilmuan yang dapat diverifikasikan melalui uji laboratorium daripada percaya sesuatu yang bersifat rohani Jika kita berbicara tentang roh jahat atau setan, banyak yang akan menghindarinya. Sebagai pengikut Yesus, kita percaya apa yang Alkitab katakan bahwa roh jahat itu ada.

Dalam nas ini, Yesus mengajarkan bahwa roh jahat bukan hanya ada dan dapat merasuki, tetapi juga dapat kembali lagi ke tempat sebelumnya di mana ia merasuk, sekalipun telah diusir oleh kuasa Allah (20). Roh jahat yang keluar dari tubuh manusia mencari tempat tandus untuk berhenti. Tetapi karena tidak mendapatkannya ia kembali ke rumah yang ditinggalkannya (24). Herannya, Yesus menggambarkan orang yang telah diusir setan itu dengan perumpamaan rumah yang bersih tersapu dan rapi teratur (25). Bersih dan teratur tidak berarti hidupnya suci karena diisi oleh firman Allah dan hidup berpusat kepada Yesus. Namun sebaliknya, hidupnya ternyata tidak berisi, kosong melompong. Lebih parah lagi, roh jahat itu datang tidak sendiri. Ia mengajak roh lainnya yang memiliki kekuatan tujuh roh jahat untuk menguasai tempat yang lama dan menghancurkannya (26). Mereka menjadi penguasa rumah kosong itu.

Melalui pengajaran ini, Yesus mengingatkan bahwa roh jahat dapat menguasai dan menyakiti kita jika kita tidak sungguh-sungguh percaya kepada Yesus. Sebab, hidup yang kosong dan tidak diisi Yesus sama seperti memberi kesempatan bagi roh jahat untuk berkuasa lagi. Orang yang kerasukan setan dapat membahayakan diri sendiri atau juga orang lain. Tetapi, Yesus sudah mematahkan kuasa Iblis di atas kayu salib.

Alamilah kehidupan sebagai orang yang menjadikan Yesuslah Penguasa tunggal kehidupan ini!

Doa: Ya Tuhan, kuatkan dan teguhkan iman kami untuk mengalami kuasa kebangkitan-Mu. Amin. [IM]
Pdt. Ida Mayor
Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis