Arti Seorang Sahabat

Lukas 10:25-37
Minggu ke-4 sesudah Pentakosta
Oscar Wilde pernah berkata, ”Sahabat sesungguhnya menusukmu dari depan.” Maknanya adalah sahabat sejati selalu berani menegur secara langsung ketika sahabatnya salah. Sahabat sejati tidak berpura-pura setuju atau tidak setuju. Mereka akan mengatakan apa adanya kepada sahabatnya.

Filosofi itu tidak terdapat dalam diri para ahli Taurat. Nilai-nilai persahabatan mereka sering kali penuh kepalsuan dan kepura-puraan. Mereka sering melakukan permainan kata-kata untuk menyelubungi motivasi mereka yang tidak benar. Teguran dan nasihat tulus kepada mereka pasti ditolak sebab dianggap sebagai ancaman bagi jabatan dan kedudukan.

Nilai-nilai persahabatan yang diajarkan Kristus adalah murni. Perumpamaan tentang orang Samaria yang murah hati merupakan gambaran tentang persahabatan yang sesungguhnya. Seorang sahabat tidak takut terhadap bahaya yang mengancam dirinya. Ia rela berkorban baik waktu, tenaga dan harta, bersedia menolong dan memiliki belas kasihan, mengobati bukan melukai, mendekati bukan menjauhi, tidak mementingkan diri sendiri, tidak menuntut balas, dan tidak mengenal perbedaan: ras, suku, agama, status sosial. Itulah makna seorang sahabat yang sesungguhnya. Itulah nilai yang diajarkan Kristus.

Apakah kita masih dapat menemukan sahabat seperti ini di tengah keluarga, pekerjaan, sekolah, persekutuan, dan pelayanan gereja? Bagaimana dengan peristiwa mencekam dan mengancam kerukunan beragama? Masih adakah persahabatan sejati? Ataukah persahabatan kita penuh dengan kepalsuan dan kepura-puraan?

Kita bisa menjadi sahabat mulai dari hal kecil kepada yang lain, seperti menolong orang yang hidup dalam kesendirian, yang menderita sakit, tidak menjadi orang asing bagi tetangga sekitar kita. Mari kita bangun persahabatan yang indah dimulai dari keinginan baik dalam diri kita.

Doa: Ya Tuhan Yesus, mampukanlah kami menjadi sahabat yang baik karena Engkau sudah menjadi sahabat kami terlebih dahulu. [NR]
Pdt. Nova Rollo
Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis