Mengikut Yesus Keputusanku

Lukas 9:57-62
Minggu ke-3 sesudah Pentakosta
Lirik lagu ”Mengikut Yesus Keputusanku” diambil dari kata-kata yang diucapkan seorang lelaki yang berasal dari Assam, suatu desa di Timur Laut India. Setelah menerima Kristus, kepala suku Assam memaksanya untuk meninggalkan imannya. Namun, ia berkata, ”Mengikut Yesus keputusanku.” Sekalipun diancam bahwa kepalanya akan dipenggal, ia tak gentar. Ketika melihat istrinya dibunuh, keputusannya pun tidak berubah. Katanya, ”Tetap kuikut walau sendiri.” Sampai ia sendiri dibunuh. Sungguh ajaib! Keputusan iman lelaki itu membawa kepala suku dan penduduk desa tersebut bertobat dan mengikut Yesus!

Bacaan hari ini bercerita tentang reaksi Yesus terhadap keputusan para murid yang bertekad mengikut-Nya. Pertama, pengakuan mengikut Yesus bukan hanya berarti kesediaan mengikut-Nya, tetapi menerima semua konsekuensi saat mengikut-Nya dengan sikap teguh dan tidak goyah–meskipun kenyataan tidak sesuai harapan. Inilah makna yang terdapat dalam perkataan Yesus, ”Sebab Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya.”

Kedua, panggilan mengikut Yesus berarti kesediaan melepaskan diri dari segala keterikatan pada hidup yang lama, menyangkal diri, dan memberi diri bagi pelayanan. Sayangnya, saat Yesus memanggil, banyak orang yang berdalih karena masih terikat pada hidup lamanya.

Ketiga, pengakuan mengikut Yesus berarti kesediaan memberi hidup, waktu, tenaga, juga pikiran bagi Tuhan. Ibarat petani yang membajak, ia memfokuskan pandangannya pada tujuan. Ia tidak boleh menoleh ke belakang lagi.

Melalui nas ini, kita belajar bahwa ketika membuat keputusan untuk mengikut Yesus, kita harus fokus kepada Yesus dan siap menerima segala konsekuensinya.

Marilah kita bersyukur karena memiliki Yesus Kristus, yang menyatakan rahasia di balik keputusan setiap orang yang mengikut-Nya. Mari, kita lanjutkan perjalanan iman ini untuk tetap mengikut-Nya!

Doa: Ya Bapa, dalam anugerah-Mu pimpinlah kami untuk mengikuti-Mu. [NR]
Pdt. Nova Rollo
Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis