16 - Bereskan Akar Penyebabnya
Mengapakah kamu tidak takut mengatai hamba-Ku Musa? … Bangkitlah murka Tuhan terhadap mereka … maka tampaklah Miryam kena kusta … Lalu berserulah Musa kepada Tuhan. ”Ya Allah, sembuhkanlah kiranya dia.”
Bilangan 12:8-10, 13

Bereskan Akar Penyebabnya

Pada masa praktik pelayanan, saya sempat mengunjungi suatu keluarga yang putrinya ikut kelompok remaja yang saya layani. Ayah remaja itu terbaring tak berdaya, sekujur badannya penuh penyakit kulit. Menurut ibu remaja itu, suaminya pedagang dan menderita sakit kulit parah karena diguna-guna oleh pedagang lain.

Banyak penyakit yang kita derita bukan disebabkan oleh kondisi fisik saja, tetapi oleh unsur rohani juga. Sakit hati, marah, dendam, takut, dan beragam perasaan negatif lainnya dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan pada tubuh kita. Ilmu kedokteran pada zaman sekarang makin membukakan bahwa selain berbagai organisme patogen dari luar tubuh kita, banyak penyakit juga disebabkan oleh kondisi rohani yang kurang baik. Penyakit seperti sakit perut, asma, bahkan alergi, turut disebabkan oleh permasalahan rohani yang tidak terselesaikan!

Miryam dan Harun menolak Musa yang ditetapkan Allah sebagai pemimpin bangsa Israel. Penolakan dan pemberontakan itu menjadi penyebab datangnya hukuman Allah atas Miryam. Kisah tersebut jelas menyatakan bahwa faktor rohani dapat mengakibatkan hukuman Allah dalam bentuk penyakit. Memang tidak semua penyakit dapat disamaratakan sebagai tindakan penghukuman Allah. Namun, kita harus terbuka pada penyelidikan Roh Allah. Adakah berbagai kepahitan dan kondisi rohani yang tidak sehat membuat tubuh fisik kita menjadi sakit? Akuilah isi hati kita, mohon ampun kepada Yesus, dan mintalah agar Ia mengubah hati kita; maka kesembuhan akan kita alami!

Doa: Oh Roh Kudus, terangilah hati dan pikiranku. Tunjukkan hal yang harus kuakui jika ada kesalahan sikap dan tindakanku yang menyebabkan timbulnya penyakitku ini.

Untuk Mendengarkan Audio Klik Link dibawah ini
Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis