18 - Otoritas Allah Menyembuhkan
Mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat,
dan mereka mengusir banyak setan, dan mengoles banyak orang sakit
dengan minyak dan menyembuhkan mereka.
Markus 6:12-13

Otoritas Allah Menyembuhkan

Dalam Alkitab tidak ada keraguan sedikit pun bahwa Allah berkuasa menyembuhkan. Kita kagum melihat Yesus dalam kasih dan kuasa-Nya melakukan berbagai mukjizat penyembuhan. Ia menyembuhkan berbagai macam penyakit; tidak ada penyakit yang tidak takluk kepada-Nya! Ia memakai berbagai macam cara untuk mewujudkan kesembuhan. Dengan hardikan, sentuhan, dan mungkin banyak lagi cara yang tak tercatat secara terperinci.

Para murid diutus untuk meneruskan misi Kerajaan-Nya. Maka, Ia memperlengkapi mereka dengan otoritas yang Ia miliki: otoritas ilahi untuk memberitakan Injil Kerajaan. Otoritas ini tidak hanya menuntut orang untuk bertobat, tetapi juga berkuasa untuk mengusir setan dan menyembuhkan orang sakit. Demikianlah, dalam nama Tuhan Yesus para murid melayani, termasuk menyembuhkan orang dengan minyak.

Uniknya, Yesus sendiri tidak pernah menyembuhkan orang sakit dengan minyak atau sapu tangan. Ini mengungkapkan bahwa cara bukanlah unsur utama, melainkan hanya alat. Minyak, bayang-bayang tubuh, sapu tangan, jubah, dan sebagainya hanyalah batu loncatan untuk membuat orang berjumpa dengan Tuhan, Sang Sumber Kesembuhan, dan mengalami otoritas-Nya yang menyembuhkan.

Jadi, bagaimana kita harus bersikap terhadap berbagai sarana yang diharapkan orang membawa kuasa penyembuhan dari Allah? Minyak, sapu tangan, perjamuan kudus, dan lainnya tidak boleh kita sembah. Itu semua hanya mengingatkan kita untuk beriman kepada Yesus dan korban penyelamatan-Nya. Berharaplah pada Yesus Sang Sumber Kesembuhan, bukan pada alat itu!

Doa: Tuhan, terima kasih. Engkau mau memakai banyak cara dan alat untuk menyalurkan kesembuhan yang kami harapkan dari-Mu.

Untuk Mendengarkan Audio Klik Link dibawah ini
Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis