Berbagi Kepemimpinan

Keluaran 18:13-27
Minggu Adven ke-1
Sudah sewajarnya apabila dalam suatu kehidupan bersama dibutuhkan seorang pemimpin. Dalam kehidupan bersama yang religius, kepemimpinan perlu dipahami dalam dua sisi, yaitu sisi ilahi dan sisi manusiawi. Sisi ilahi menyadari bahwa kehidupan bersama itu dituntun oleh Allah, sedangkan sisi manusiawi menyadari bahwa manusia dipakai Allah sebagai alat-Nya untuk mewujudkan kehendak-Nya di dunia.
Musa sebagai pemimpin memahami sesungguhnya bahwa bangsa Israel dipimpin langsung oleh Allah, sedangkan dirinya hanya perantara antara Allah dan umat-Nya. Karena itu, ia menerima umat Allah datang kepadanya dan meminta petunjuk Allah serta mengadili ketika ada perkara di antara mereka.
Meskipun Musa melakukan semua itu atas dasar kesadaran akan konsep kepemimpinan yang seperti itu, namun Yitro melihat bahwa ada keterbatasan dalam diri Musa. Karena itu, ia memberikan nasihat agar Musa berbagi kepemimpinan dengan orang-orang di antara bangsanya yang cakap dan takut akan Allah, orang yang dapat dipercaya, dan yang benci kepada pengejaran suap. Nasihat Yitro bukan untuk kebaikan Musa, tetapi juga untuk kebaikan bangsanya dan hal tersebut dikenan Allah (21). Musa pun mengikuti nasihat mertuanya dengan berbagi kepemimpinan dan kewenangan sehingga segala sesuatu dapat berjalan lebih baik dan efektif.
Pada umumnya, saat seseorang dipilih menjadi pemimpin dan diberi kemampuan untuk memimpin, terkadang mereka lupa diri. Kita perlu menyadari bahwa kita adalah manusia terbatas dan tidak semua hal dapat kita lakukan sendirian tanpa bantuan orang lain.
Di sisi lain, kita perlu tahu bahwa Allah juga menganugerahkan potensi kepemimpinan dalam diri orang lain. Oleh karena itu perlu kerendahan hati untuk berbagi kepemimpinan.
Dalam hal ini, ada tiga kriteria utama yang tidak bisa ditawar, yaitu orang yang takut akan Allah, dapat dipercaya, dan yang benci suap.
Doa: Tuhan, mampukan kami berbagi kepemimpinan dalam kehidupan bersama. [CR]
Christiono Riyadi
Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis