Pemulihan Umat

Zakharia 10:3–11:3
Minggu ke-24 sesudah Pentakosta
Ketika terus berkanjang dalam dosa, Tuhan akan membiarkan umat dipimpin oleh para penguasa jahat. Walaupun pada akhirnya, Tuhan jugalah yang akan membangkitkan seorang pemimpin yang benar. Dialah yang akan memulihkan umat-Nya.
Umat berkeliaran seperti kawanan domba tanpa gembala akibat hukuman Tuhan (10:3). Mereka tidak memiliki gembala yang baik karena Tuhan membiarkan pemimpin jahat sebagai gembala. Meskipun kemudian, Tuhan murka kepada para gembala yang tidak baik itu (4).
Masyarakat dunia kuno memahami gembala sebagai raja. Zakharia melayani umat pada masa setelah kembali dari pembuangan (sekitar 520 SM). Itu berarti Tuhan sudah menyingkirkan para raja Yehuda. Jadi, yang dimaksud sebagai para gembala adalah para pemimpin umat saat itu. Siapa mereka? Kemungkinan besar, mereka adalah pemimpin-pemimpin asing yang Tuhan biarkan berkuasa atas umat-Nya. Sebagai gantinya, Tuhan akan membangkitkan seorang pemimpin bagi umat-Nya.
Ayat empat seharusnya berbunyi: Dari padanya akan muncul batu penjuru, dari padanya akan muncul patok kemah, dari padanya akan muncul busur perang, dari padanya akan keluar semua penguasa bersama-sama (LAI menuliskan ”dari pada mereka”). Ini berarti dari Tuhan akan muncul batu penjuru, patok kemah, dan busur perang. Hal ini sepertinya mengacu kepada Mesias.
Transformasi akan terjadi ketika Mesias memberikan kemenangan bagi umat-Nya. Mereka yang terserak tanpa gembala akan dikumpulkan kembali. Sampai akhirnya, mereka akan bermegah di dalam nama TUHAN (8-12).
Tuhan tidak akan terus-menerus membiarkan umat-Nya disesatkan oleh para pemimpin yang jahat. Ketika saatnya tiba, Tuhan akan memberikan pemimpin yang baik dan memulihkan umat-Nya dengan berkat melimpah.
Doa: Kiranya Tuhan terus memberikan kami pemimpin-pemimpin yang baik sebagai wakil Kristus dalam gereja Tuhan. [IT]
Inawaty Teddy
Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis