Allah Memanggil Abram

Kejadian 11:27-12:9
Minggu ke-4 sesudah Paskah
Abram adalah anak Terah (27). Istrinya bernama Sarai, namun mandul (30). Terah hijrah ke Haran dan tinggal di sana sampai akhir hidupnya (32). Di Haran Allah menyatakan diri-Nya dan memanggil Abram pergi ke suatu tempat yang tidak disebutkan dengan jelas (12:1). Abram, Sarai, dan keponakannya, Lot, berangkat menaati perintah Allah (5). Dalam perjalanan, Tuhan berjanji akan memberikan keturunan kepada Abram (7).
Dalam kisah panggilan Allah terhadap Abram, memang tidak diceritakan apa yang menjadi pergumulan dan kegelisahan hatinya. Walaupun Abram dalam hidupnya suka berpindah-pindah (nomaden), setidaknya ada lokasi jelas yang hendak dituju. Tetapi, yang menjadi masalah adalah Tuhan tidak memberitahukan tujuan dan tempatnya. Hanya berdasarkan janji Allah itu, Abram langsung percaya dan berangkat.
Selain itu, kita juga melihat adanya pernyataan yang menyebutkan bahwa Sarai mandul. Kemandulan merupakan aib yang sangat mengganggu kehidupan berkeluarga. Dalam kondisi Sarai seperti itu, Allah justru menjanjikan keturunan kepada Abram. Keturunannya akan menduduki negeri impian yang dijanjikan Tuhan. Di sini menjadi jelas bahwa janji Allah meliputi dua hal, yaitu tanah dan keturunan. Kedua hal ini memainkan peranan penting dalam kehidupan masyarakat pada saat itu.
Selain tanah dan keturunan, Allah juga menjanjikan kemasyhuran kepada Abram bahwa namanya akan dikenal oleh banyak orang dan Abram sendiri akan menjadi berkat bagi bangsa-bangsa (3). Dalam janji ini, kita melihat bahwa Allahlah yang berinisiatif, sedangkan Abram hanya pasif menaati dan bersabar menantikan penggenapan janji Allah.
Kisah Abram seharusnya menyadarkan kita bahwa Allah tidak pernah melihat atau mempertimbangkan prestasi dan kebaikan seseorang. Saat Allah memilih dan memanggil seseorang, Ia hanya menuntut respons dan kesetiaan manusia untuk menaati panggilan dan perintah-Nya. Jika kita bersedia, maka Tuhan akan memperlengkapi kita dengan hikmat dan kuasa-Nya.
Addi S. Patriabara
Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis