BGA Nasional 2018

BGA NASIONAL 2018

Tanggal 9 sampai 14 Juli 2018 yang lalu, Scipture Union Indonesia mengadakan kegiatan pelatihan Baca Gali Alkitab (yang disingkat BGA) dalam skala Nasional, yang diikuti oleh kurang lebih 149 peserta. Acara pelatihan BGA Nasional ini diadakan di Rumah Retreat Samadi, Klender Jakarta Timur. Para peserta datang dari berbagai daerah di Indonesia, di antaranya dari Ambon, Halmahera, Papua, Toraja, Medan dan Jakarta. Para peserta juga datang dari berbagai denominasi gereja, yakni Gereja Protestan Maluku (GPM), Gereja Masehi Injil di Halmahera (GMIH), Gereja Kristen Indonesia di Tanah Papua (GKI-TP), Gereja Toraja (GT), Gereja Batak Karo Protestan (GBKP), Gereja Kristen Kalam Kudus (GKKK), dan beberapa gereja lainnya.

Melalui kegiatan pelatihan ini, para peserta yang terdiri dari para pendeta (baik pendeta jemaat dan juga pendeta klasis atau sinode) dan para penatua/diaken/aktivis gereja diperlengkapi dengan ketrampilan untuk membaca Alkitab secara intensif dan menggali pengalaman atas pembacaan Alkitab tersebut sehingga mereka dapat menemukan pesan penting dari setiap teks Alkitab bagi pribadi mereka, dan juga bagi komunitas mereka. Pelatihan ini difasilitasi oleh beberapa fasilitator dari Scripture Union Indonesia yang berkompeten dalam proses Baca Gali Alkitab, yakni: Pdt. Ir. Armand Barus, Ph.D, Pdt. Jelina Mayaut, Pdt. Ola Yesmendo Noija, dan Pnt. Erdian Sembiring.

Selain diperlengkapi ketrampilan membaca dan menggali Alkitab, para peserta juga diperlengkapi dengan sesi pengetahuan eksposisi Alkitab dan juga sesi wawasan Teologi. Kedua sesi ini menolong peserta untuk semakin memahami Alkitab secara komprehensif dan juga berteologi secara relevan dalam pelayanan mereka masing-masing di masakini. Para pembicara dalam sesi eksposisi dan wawasan ini umumnya adalah dosen teologi dari beberapa Sekolah Teologi, diantaranya; Pdt. Yonky Karman, Ph.D, Pdt. Sutisna Hardjanto, Ph.D, Pdt. Surif, D.Th, Casthelia Kartika, Th.D, Inawati Teddy, Th.M, Danny Christopher, Ph.D, dan Pdt. Bambang Widjanto.

Di akhir kegiatan pelatihan, peserta membagikan pengalaman dan kesan-pesan mereka selama kurang lebih satu Minggu mengikuti pelatihan BGA Nasionalini. Pdt. Ita Holatila dari GKI Tanah Papua misalnya, ia merasa bersyukur untuk program pelatihan ini karena semakin menolong dan memperlengkapi dirinya dalam pelayanan jemaat, khususnya dalam hal membangun kerinduan jemaat untuk membaca Alkitab. Selain Pdt. Ita Holatila, Pdt. Yohan Andridari Gereja Injili Tanah Jawa, juga bersyukur dan senang dengan pelatihan BGA ini, karena ia semakin dimantapkan dan termotivasi untuk membangun kehidupan membaca Alkitab yang baik. Semoga para peserta yang telah mengikuti pelatihan BGA semakin terdorong untuk rajin membaca dan menggali Alkitab, sehingga menjadi inspirasi bagi jemaat-jemaat Tuhan di manapun mereka berada. Dengan demikian, nama Tuhan semakin dipermuliakan.
Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis