Listen Show: Menyapa Generasi Digital (Dunia Remaja)

Generasi Remaja saat ini sangat memerlukan perhatian, sapaan, kepedulian dari kita. Gereja terpanggil untuk peduli pada generasi zaman now ini, dibandingkan saat masih generasi yang lalu tidak terlalu takut untuk kita khawatirkan. Tetapi generasi remaja sekarang sangat perlu selalu disapa, diperhatikan dan dipedulikan.

Atas keterbebanan inilah, Scripture Union Indonesia beberapa hari yang lalu pada Sabtu, 19 Mei 2018 jam 9.00-11.00 mengadakan Listen Show dengan tema: “Menyapa Generasi Digital (dunia remaja) dengan mengundang para aktifis gereja khususnya para pembina remaja dan pemuda, serta orang tua yang memiliki beban dalam melayani generasi muda.

Bersyukur kepada Tuhan, acara Listen Show dihadiri oleh 43 Peserta yang mewakili 17 Gereja dan 1 lembaga. Kami berterimakasih juga kepada Gereja Kristus Ketapang yang telah bersedia bekerjasama dalam melayani Tuhan dengan memberikan tempatnya mengadakan acara ini.

Narasumber yang turut terlibat dalam acara ini Bapak Pdt. Yoel M. Indrasmoro beliau adalah Pendeta Anak-Remaja-Pemuda Gereja Kristen Jawa Jakarta (GKJ Jakarta) Rawamangun dan Ibu Anne Parapak yang adalah seorang Guru, dosen, penulis bahan diskusi untuk remaja, pranikah serta pemerhati dunia Anak, remaja, keluarga.

Melalui acara Listen Show ini, lebih diharapkan untuk peserta saling berbagi pengalaman, mendengarkan dan saling menyapa antar peserta, yang diharapkan nantinya para peserta dapat semakin memahami lebih dalam dan mengambil bagian atau terlibat langsung menolong remaja menghadapi pergumulan mereka sehari-hari. Juga diharapkan meningkatkan kepedulian akan generasi digital saat ini. Melalui acara “Listen Show” ini para peserta melihat bahwa Alkitab ternyata tetap relevan dan berdampak besar di dalam pelayanan remaja serta memotivasi peserta untuk menyampaikan kepada para remaja yang mereka layani bahwa cinta akan Alkitab mampu membawa remaja menghadapi tantangan-tantangan zaman yang semakin canggih, digital dan serba instan di era modern sekarang ini.

Pada kesempatan ini Pdt. Yoel M. Indrasmoro selaku narasumber membagikan bahwa, “untuk melayani Anak, remaja-Pemuda kok coba-coba (jangan coba-coba)?.” Melayani Anak-remaja Pemuda benar-benar harus dilakukan dengan sungguh-sunguh, penuh kesetiaan dan keteladanan dari setiap kita para pembina. Hal itu disampaikan beliau dengan menyatakan bagaimana Alkitab dapat menuntun kita akan semuanya ini. Kemudian Ibu Anne Parapak membagikan pengalamannya tentang remaja dengan memberikan pertanyaan bagi kita: “Mungkinkah saya mengerti dunia mereka?” bagaimana dengan prioritas gereja, bagaimana kita melayani remaja yang stress, galau, depresi, yang tidak punya teman, dan bagaimana kita harus rela memasuki dunia mereka (remaja) sebagaimana Tuhan yang rela masuk dalam dunia untuk kita.

Dalam bagian sharing dan sesi tanya jawab peserta terlihat antusias mensharingkan betapa bergumulnya melayani remaja pemuda. Mereka melihat memang dalam melayani remaja harus berjerih lelah, siap masuk dalam setiap pergaulan atau kesenjangan remaja yang sangat digital games begitu berpengaruh dalam aktifitas mereka jaman now.

Sebagai pendukung kegiatan acara ini Scripture Union Indonesia akan menerbit buku yang ditulis oleh Ibu Anne Parapak sebagai narasumber pada akhir bulan Mei 2018 mendatang. Dalam buku ini Ibu Anne membagikan banyak pengalamannya dalam melayani generasi muda. Kerinduannya bertahun-tahun untuk dapat menghadirkan buku ini sungguh menjadi sukacita bagi dirinya dalam melayani generasi muda. Buku yang berjudul “Masa Muda Masa Indah” yang akan diterbitkan oleh Scripture Union Indonesia diharapkan dapat membantu para aktifis gereja serta pelayan Tuhan dan orang tua yang bergumul dalam menghadapi permasalahan remaja dengan membagikan pengalamannya sendiri yang dituangkan melalui tulisan.

Buku ini akan diterbitkan dengan dua kategori, satu sebagai pegangan para Pembina/Mentor Remaja-Pemuda, dan satu lagi untuk para Remaja sendiri, dimana para remaja juga dapat membaca dan mediskusikannya dengan Para Pembina mereka. Dan para pembina dapat mengarahkan mereka kepada solusi yang harus dihadapi. Kedua buku ini sangat baik untuk dimiliki. Bagi mereka yang ingin mendapatkannya bisa menghubungi Bidang penjualan SU Indonesia di Hp 0811 9910377 (WA) dan telp. 021-3442461-62

Dari hasil form questiner/lembar evaluasi peserta yang diberikan kepada kami, acara ini sungguh memberkati. Dan berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan di waktu mendatang untuk bisa tetap saling berbagi dan bertukar pengalaman dalam melayani generasi muda.
Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis